Tangkapan layar pelatihan akupresur mandiri oleh akademisi FKUI kepada para santri Rumah Quran Violet | HUMAS KIP UI

HARNAS.ID – Akademisi Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia (FKUI) Sri Wahdini menggelar pelatihan akupresur mandiri yang diperuntukkan bagi para santri di Rumah Quran Violet (RQV). Kegiatan ini bagian program pengabdian masyarakat (pengmas) FKUI yang dilangsungkan secara daring, pada 20 November 2020. Pelatihan diikuti oleh ratusan santri RQV dari 116 cabang RQV yang tersebar di 15 provinsi serta masyarakat umum.
 
Seperti dikutip dari siaran pers UI, Kegiatan pengmas tersebut terdiri atas edukasi dan pelatihan jarak jauh. Selain Sri Wahdini, narasumber lainnya adalah Irma Nareswari Keduanya merupakan spesialis akupunktur.

Menurut Sri, pada sesi edukasi, peserta mendapatkan penjelasan mengenai nyeri punggung bawah dan jenis yang harus dikonsultasikan ke tenaga medis. Sikap duduk dan berdiri yang benar untuk mencegah timbul keluhan nyeri punggung bawah. Akupresur mandiri untuk mengurangi keluhan tersebut.

Sementara, pada sesi pelatihan dimulai dengan pemutaran video akupresur mandiri. Selanjutnya, diikuti dengan praktik akupresur mandiri bersama-sama.  Narasumber ahli juga menunjuk beberapa peserta untuk mempraktikkan akupresur mandiri dan diberikan koreksi atau umpan balik.

Menurut Sri, akupresur mandiri dapat dilakukan untuk meringankan keluhan nyeri punggung bawah dapat dilakukan beberapa kali dalam sehari. Stimulasi akupresur dapat dilakukan menggunakan alat tumpul atau bagian tubuh sendiri seperti ujung jari, pangkal tangan, dan siku. Kami juga mengingatkan para peserta untuk tetap menerapkan protokol kesehatan seperti melakukan cuci tangan enam langkah sebelum dan sesudah akupresur. Termasuk, tetap memakai masker apabila akan menerapkan akupresur ke orang lain.
 
Setiap tahun, Sri secara rutin mengedukasi metode akupresur mandiri kepada masyarakat umum. Kegiatan ini terselenggara atas dukungan hibah dari Direktorat Pengabdian dan Pemberdayaan Masyarakat UI (DPPM UI). Melalui kegiatan ini, peserta diharapkan dapat mempraktikkan keterampilan yang telah diperoleh untuk dirinya sendiri dan orang-orang disekitarnya. Selain itu, edapat menerapkan sikap tubuh yang benar untuk mengurangi timbulnya keluhan nyeri punggung bawah. Edukasi dan pelatihan akupresur mandiri dapat disaksikan ulang melalui kanal YouTube RQV.

Editor: Aria Triyudha

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here