Ilustrasi Pilkada Serentak 2020 | IST

HARNAS.ID – Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Muhammad Tito Karnavian meyebut 270 daerah siap menggelar Pilkada Serentak 2020, Rabu (9/12/2020) besok.

“Prinsipnya semua daerah siap ya, kalau dari sisi anggaran sudah 100 persen untuk Komisi Pemilihan Umum (KPU), Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu), dan aparat keamanan,” kata Tito dalam keterangannya di Jakarta, Selasa (8/12/2020).

Pilkada Serentak 2020 akan digelar di 270 daerah, terdiri dari 9 provinsi, 224 kabupaten, dan 37 kota.

Dia menjelaskan, tambahan dana Rp 4,3 triliun yang berasal dari APBN juga telah didistribusikan ke seluruh daerah penyelenggara pilkada, untuk memenuhi kebutuhan alat kesehatan pencegahan COVID-19.

“Tambahan dari APBN sebanyak Rp.4,3 Trilliun untuk semua pihak, terutama dalam rangka untuk alat perlindungan diri, proteksi masker, sarung tangan, dan lain-lain itu semua sudah selesai,” ujarnya.

Kesiapan juga didukung dengan regulasi sebagai acuan dalam melaksanakan pilkada, dengan disokong tim pengamanan dari TNI dan Polri.

“Regulasi saya kira sudah siap, tinggal pengalaman. Tadi Asops Kapolri menyampaikan ada beberapa daerah rawan tapi sudah diantisipasi, TNI sudah siap untuk back up, kemudian dari Bawaslu juga siap untuk bertindak, Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilu (DKPP) akan mengawasi,  dan tentu akan tegas juga,” ujar Tito menegaskan.

Editor: Aria Triyudha

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here