Tangkapan layar anggota TNI Koramil 1325 Langensari Kodim 0613 Ciamis Sertu Hendar Purwanto | YOUTUBE TNI AD

HARNAS.ID – Sebagai ujung tombak TNI khususnya Angkatan Darat (TNI AD), jajaran Bintara Pembina Desa (Babinsa) terus membuktikan peran mereka dalam memberdayakan masyarakat.

Tak terkecuali Sertu Hendar Purwanto, anggota TNI Koramil 1325 Langensari Kodim 0613 Ciamis. 

Pria ini memanfaatkan rumahnya di Dusun Waringinsari, Desa Waringinsari ,Kecamatan Langensari, Banjar, Jawa Barat menjadi tempat produksi jamur tiram. 

Banyaknya pabrik kayu yang menghasilkan serbuk gergaji membuat Hendar berinisiatif membudidayakan jamur tiram di rumahnya. 

Ia pun melatih warga sekitarnya untuk membuat baglog alias media tanam untuk jamur. Selain itu, melatih warga untuk menanam dan memanen jamur.

Dikutip dari Akun YouTube TNI AD, Selasa (1/12/2020), Hendar mengaku memulai usaha ini sejak tahun 2015. 

“Dari awal kapasitas 1.000 sampai sekarang 10 ribu, kami juga memberdayakan masyarakat sekitar lima sampai enam orang yang menjadi pekerja di tempat produksi jamur ini,” ujarnya. 

Tidak hanya itu, sang istri juga merekrut ibu-ibu tetangganya menjadi pembuat jamur crispy sebagai oleh-oleh kota Banjar dengan Merek Reginda.

Aksi Hendar memberdayakan warga pun menarik perhatian hingga ia didatangi Komandan Korem (Danrem) 062/Tarumanegara Kolonel Inf Muhamad Muchidin dan Wali Kota Banjar beberapa waktu lalu. 

Editor: Aria Triyudha

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here