Imam Besar Front Pembela Islam (FPI) Habib Rizieq Shihab menyapa pendukungnya saat tiba di Markas FPI , Petamburan, Jakarta, Selasa (10/11/2020). HARNAS.ID | BARRI FATHAILAH

HARNAS.ID – Kapolri Jenderal Polisi Idham Azis memerintahkan pergantian dua Kepala Kepolisian Daerah (Kapolda) yaitu Kapolda Metro Jaya dan Kapolda Jawa Barat pada Senin (16/11/2020).

Kepala Divisi Humas Polri Irjen Pol Argo Yuwono mengatakan, pergantian itu sebagai sanksi bagi kedua Kapolda tersebut karena tidak menegakkan aturan mengenai protokol kesehatan pencegahan virus corona baru (COVID-19) di wilayahnya.

“Ada dua Kapolda yang tidak melaksanakan perintah dalam menegakkan protokol kesehatan (prokes), maka diberikan sanksi berupa pencopotan, yaitu Kapolda Metro Jaya. Kemudian yang kedua adalah Kapolda Jawa Barat,” ujar Argo dikutip Antara dalam konferensi pers di Jakarta, Senin (16/11/2020).

Argo menjelaskan, Kapolda Metro Jaya Inspektur Jenderal (Irjen) Polisi Nana Sudjana digantikan oleh Kapolda Jawa Timur Irjen Pol M Fadil Imran.

Sementara, Kapolda Jawa Barat Irjen Pol Rudy Sufahriadi digantikan oleh Asisten Logistik Kapolri Irjen Pol Ahmad Dofiri.

Irjen Nana akan diberi jabatan baru sebagai Koordinator Staf Ahli Kapolri. Sedangkan Irjen Rudy dimutasi ke Sekolah Staf dan Pimpinan Lembaga Pendidikan dan Pelatihan Polri dengan jabatan Widyaiswara Kepolisian Utama Tingkat I.

Argo menjelaskan, pemberhentian dan pengangkatan itu, kata Argo, tercantum dalam Telegram Khusus (TK) Kapolri Nomor ST/3222/XI/Kep./2020 tanggal 16 November 2020.

Informasi berkembang, pencopotan Kapolda Metro Jaya Irjen Pol Nana Sudjana dan Kapolda Jawa Barat Irjen Pol Rudy Sufahriadi diduga menyangkut tidak ditegakkannya prokes COVID-19 menyangkut kerumunan massa yang terjadi saat dan setelah kepulangan pimpinan Front Pembela Islam (FPI) Habieb Rizieq Shihab. Kerumunan massa ini antara lain mengemuka saat massa menyambut kepulangan Habib Rizieq di Bandara Soekarno Hatta, Tangerang Selatan dan markas FPI kawasan Petamburan, Jakarta, Selasa (10/11/2020). Kerumunan massa juga terjadi saat Habieb Rizieq berkunjung ke sebuah pesantren di kawasan Megamendung, Bogor, Jumat (13/11/2020. Selain itu, massa juga berkumpul di kawasan Petamburan saat Habib Rizieq menikahkan putrinya dan menggelar acara pernikahan putrinya, Sabtu (14/11/2020) malam.

Editor: Aria Triyudha

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here