Implementasi program 5R FIB UI guna mencegah penyebaran COVID-19 di salah satu masjid | HUMAS KIP UI

HARNAS.ID – Dosen dan mahasiswa Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya Universitas Indonesia (FIB UI) yang tergabung dalam Tim Pengabdian Masyarakat (Pengmas) Go Green menginisiasi program 5R sebagai upaya pencegahan penularan COVID-19 di masjid. Konsep 5R yang disosialisasikan Tim Pengmas Go Green FIB UI merupakan kepanjangan dari Ringkas, Rapi, Resik, Rawat, dan Rajin*.

Seperti dikutip dari siaran pers Humas UI, Senin (4/1/2021), implementasi program 5R dilakukan Oktober dan Desember 2020. Kegiatan sosialisasi 5R dilakukan secara virtual melalui seminar interaktif. Pertama bertajuk Manifestasi dan Adaptasi Diri Menghadapi COVID-19 dalam perspektif Agama, Kebersihan, dan Kesehatan”, pada 3 Oktober 2020. Seminar ini dengan menghadirkan Prof Dr dr H Ari Fahrial Syam (Dekan Fakultas Kedokteran UI),  Aang Hudaya, S Pt, dan Ustaz Kasif Heer.

Pada seminar kedua bertajuk “Penerapan Konsep 5R sebagai Pencegahan Penyebaran COVID-19 di Masjid”, berlangsung pada 13 Desember 2020 dengan kembali mengundang Aang Hudaya, S.Pt. sebagai narasumber.

Selain sosialisasi dan edukasi kesehatan, Tim Pengmas Go Green FIB UI jturut mendistribusikan masker dan perlengkapan kebersihan kepada masjid sasaran. Perlengkapan kebersihan berupa cairan pembersih lantai, kamper, pengharum ruangan, cairan pembersih kerak toilet, disinfektan, sabun cair isi ulang, dan cairan pembersih kaca. Pendistribusian diberikan kepada enam masjid perwakilan masing-masing wilayah, yaitu dua masjid di Jakarta, dua masjid di Probolinggo, satu masjid di Lombok, dan satu masjid di Palembang, yang berlangsung 11 Desember 2020.

Ketua Tim Pengmas Go Green FIB UI Niken Pramanik, rencana awal, kegiatan tersebut seharusnya dilakukan di masjid di Depok. Namun akibat pandemi, ia dan dan tim memutuskan untuk melakukan edukasi kesehatan tersebar ke beberapa daerah. Hal ini sesuai dengan daerah asal mahasiswa.

“Mahasiswa kami terdiri atas Ridhwan Ahmad R. (masjid di Jakarta), Sriaji Bagus S. (masjid di Probolinggo, Jawa Timur), Rizkika Herliza A A (masjid di Palembang), dan Bq Ria April Riana (masjid di Lombok),” ujar Niken.

Para mahasiswa yang tergabung dalam tim pengabdian masyarakat ini berasal dari program studi (Prodi) di FIB UI, yaitu Prodi Indonesia, Prodi Perpustakaan, Prodi Arab, Prodi Jerman, Prodi Sejarah, Prodi Sejarah, serta Prodi Bahasa dan Kebudayaan Korea.

Niken menambahkan, egiatan itu terlaksana berkat dukungan hibah dari Program Pengabdian dan Pemberdayaan Masyarakat (DPPM UI).

“Kami berharap sosialisasi konsep 5R dan pendistribusian perlengkapan kebersihan dapat turut meningkatkan kesadaran jamaah dan masyarakat untuk menjalankan dan mematuhi protokol kesehatan, serta turut menerapkan konsep 5R dengan efektif, dan menggiatkan kegiatan pembersihan masjid.”

Totok, salah seorang takmir masjid mengucapkan terima kasih atas dukungan FIB UI kepada masjid. “Melalui kegiatan ini, kami memperoleh pengetahuan mengenai penerapan konsep 5R, dan langsung dapat menerapkan agenda bersih-bersih masjid bersama jamaah lainnya,” ujar Totok.

Editor: Aria Triyudha

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here