Marcel Krijger dengan Game Boy bebas baterai | Marcel Krijger

HARNAS ID – Konsol video game genggam yang memungkinkan alur game tanpa batas mungkin menjadi mimpi terburuk orang tua. Tapi Game Boy ini bukan sekedar mainan. Ini adalah bukti konsep yang kuat, yang dikembangkan para peneliti di Northwestern University dan Delft University of Technology (TU Delft) di Belanda, yang mendorong batasan komputasi intermiten bebas baterai ke dalam dunia kesenangan dan interaksi. Ini juga merupakan langkah menuju teknologi berkelanjutan.

“Ini adalah perangkat interaktif bebas baterai pertama yang memanen energi dari tindakan pengguna,” kata Josiah Hester dari Northwestern, yang ikut memimpin penelitian. “Saat Anda menekan tombol, perangkat mengubah energi itu menjadi sesuatu yang memberi daya pada game Anda.”

“Permainan berkelanjutan akan menjadi kenyataan, dan kami membuat langkah besar ke arah itu –dengan membuang baterai sepenuhnya,” kata Przemyslaw Pawelczak dari TU Delft, yang ikut memimpin penelitian dengan Hester. “Dengan platform kami, kami ingin membuat pernyataan bahwa adalah mungkin untuk membuat sistem game berkelanjutan yang menghadirkan kesenangan dan kegembiraan bagi pengguna.”

Tim akan mempresentasikan penelitian secara virtual di UbiComp 2020, sebuah konferensi besar dalam bidang sistem interaktif, pada 15 September 2020. Hester adalah asisten profesor teknik listrik dan komputer serta ilmu komputer di Sekolah Teknik McCormick Northwestern. Pawelczak adalah asisten profesor di Lab Perangkat Lunak Tertanam di TU Delft. Tim mereka termasuk Jasper de Winkel dan Vito Kortbeek, keduanya Ph.D. kandidat di TU Delft.

Komputasi intermiten adalah tentang ketahanan. Di masa mendatang, ini memungkinkan miliaran perangkat Internet of Things berdaya rendah untuk membuang baterai mereka demi pemanfaatan energi. Sekaligus memastikan pengoperasian yang tepat dalam kondisi dengan hingga seratus pemadaman listrik per detik.

Operasi yang terputus-putus tersebut memiliki banyak tantangan –konsistensi memori dan ketepatan waktu yang akurat untuk beberapa nama. Dan, sejauh ini, telah berhasil diterapkan pada sensor kecil untuk penggunaan ilmiah. Tapi kesenangan itu belum berakhir.

Sebagai langkah investigasi pertama terhadap aplikasi konsumen, para peneliti telah menciptakan tiruan Nintendo Game Boy 8-bit tanpa baterai dan tahan terhadap kegagalan, salah satu konsol game genggam paling populer sepanjang masa. Platform game yang sadar energi (ENGAGE) mereka memiliki ukuran dan faktor bentuk Game Boy asli, sementara dilengkapi dengan satu set panel surya yang dipasang di bagian depan sasis.

Penekanan tombol oleh pengguna adalah sumber energi kedua. Yang terpenting, ini meniru prosesor Game Boy. Meskipun solusi ini membutuhkan banyak daya komputasi, dan karena itu energi, ini memungkinkan game retro populer apa pun untuk dimainkan langsung dari kartrid aslinya.

Untuk memastikan durasi permainan yang dapat diterima di antara kegagalan daya, para peneliti harus merancang perangkat keras dan perangkat lunak sistem dari bawah ke atas agar sadar energi serta sangat hemat energi. Mereka juga mengembangkan teknik baru untuk menyimpan status sistem dalam memori non-volatile, meminimalkan overhead dan memungkinkan pemulihan cepat ketika daya kembali.

Tidak perlu lagi menyimpan permainan seperti yang terlihat pada platform tradisional, karena pemain sekarang dapat melanjutkan permainan dari titik yang tepat dari perangkat yang kehilangan daya sepenuhnya –bahkan jika itu adalah lompatan tengah dalam permainan platform seperti Super Mario Land.

Pada hari yang tidak terlalu mendung, dan untuk game yang membutuhkan setidaknya klik dalam jumlah sedang, gangguan alur game biasanya berlangsung kurang dari satu detik untuk setiap sepuluh detik permainan. Para peneliti menemukan ini sebagai skenario yang dapat dimainkan untuk beberapa game – termasuk Catur, Solitaire, dan Tetris –tetapi tentu saja belum untuk semua game (aksi). Saat kondisi cahaya memburuk, pengalaman pengguna juga meningkat. Perendaman pengguna juga terganggu karena game tidak memiliki suara.

Jalan masih panjang sebelum konsol game genggam abad ke-21 yang canggih akan menjadi bebas baterai. Platform ENGAGE hanyalah langkah pertama ke arah ini. Selain menjadi mainan yang menyenangkan, ini terutama telah dikembangkan untuk meningkatkan kesadaran karena, di samping suara, ada banyak masalah terbuka lainnya saat menerapkan komputasi intermiten ke domain perhatian pengguna yang berkelanjutan dan interaksi pengguna.

Platform ini juga dapat berfungsi sebagai alat untuk mempelajari perilaku interaktif orang-orang dengan sistem intermiten. Tapi yang terpenting, itu telah dikembangkan dalam upaya untuk lebih mengurangi ketergantungan masyarakat kita pada baterai. Baterai mahal, berbahaya bagi lingkungan dan pada akhirnya harus diganti untuk menghindari seluruh perangkat berakhir di tempat pembuangan sampah. Sementara game mengurangi stres dan kebosanan orang, komputasi yang terputus-putus membantu mengurangi dampak lingkungan game.

Editor: A Gener Wakulu

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here