Sejumlah pakar dan akademisi menjadi pembicara dalam webinar di Universitas Gunadarma guna meningkatkan kepedulian dan adopsi pengolahan data serta mempercepat pengembangan sumber daya manusia di Indonesia terkait teknologi pengolahan data | ISTIMEWA

HARNAS.ID – Guna meningkatkan kepedulian dan adopsi pengolahan data serta mempercepat pengembangan sumber daya manusia di Indonesia yang mampu menguasai teknologi pengolahan data, baru-baru ini sejumlah lembaga melakukan seminar online terkait hal itu. OmniSci, sebuah perusahaan besar yang bergerak di bidang pegolahan data Big data dan Artificial Intelligence (AI), melakukan kerjasama dengan Kampus Gunadarma dan PT Epsindo Prima Sinergi untuk membahas soal pengolahan data tersebut.

Seminar online bertajuk “OmniSci Indonesia Summit 2020” dengan tema “Big Data dan Artificial Intelligence” ini berlangsung selama 8 jam dengan melibatkan sejumlah pihak, diantaranya Rektor Universitas Gunadarma Prof. Dr. E.S. Margianti, S.E. M.M., sebagai tuan rumah penyelenggaraan acara ini.

Beberapa organisasi teknologi informasi juga turut mendukung kegiatan ini, diantaranya Ikatan Profesi Komputer dan Informatika Indonesia (IPKIN), Asosiasi Pendidikan Tinggi Informatika dan Komputer (APTIKOM), dan Indonesia Artificial Intelligence Research Consortium (IARC). Turut mendukung acara ini juga adalah NVIDIA sebagai pelopor teknologi parallel computing berbasis Graphical Processing Unit (GPU).

Kegiatan yang disiarkan melalui platform online conference Zoom dan platform media streaming YouTube secara langsung ini rupanya mendapatkan sambutan yang hangat dari berbagai instansi. Terdapat sekitar 550 peserta yang tergabung dalam online conference Zoom dan tambahan 540 views dari platform YouTube, sehingga total penayangan webinar ini adalah sekitar 1090 views.

Dalam seminar online ini hadir sejumlah praktisi dan juga pakar, diantaranya Dirjen Pendidikan Tinggi Kementerian Pendidikan Prof. Ir. Nizam, M.Sc., Ph.D, Ketua Pelaksana Dewan TIK Nasional (WanTIKNas), Ilham A. Habibie, Dr.-Ing., M.B.A  serta Rektor Universitas Pertahanan, Laksamana Madya TNI Dr. Amarulla Octavian, S.T., M.Sc., D.E.S.D, CIQaR., CIQnR.

Bertindak sebagai Ketua Panitia Penyelenggara webinar ini adalah Dr. Astie Darmayantie, ST, MMSI, MSc. “OmniSci Indonesia Summit 2020: Big Data, AI, dan Data Analytics.” yang diselenggarakan oleh OmniSci, Universitas Gunadarma dan PT Epsindo Prima Sinergi ini diharapkan menjadi suatu inspirasi pentingnya pengelolaan data dimana Indonesia memiliki data yang sangat besar, dan menampilkan data tersebut dalam visualisasi yang interaktif dan real time.

Editor: Sidharta Aria Agung

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here