Massa Konsolidasi Mahasiswa Nasional Indonesia (KOMANDO) | DOK KOMANDO

HARNAS.ID –  Langkah Pangdam XIV/Hasanuddin Andi Sumangerukka dalam rangka memperkenalkan Motto ASR sebagai simbol jati diri TNI, disambut positif salah satu Inisiator Dewan Pendiri Konsolidasi Mahasiswa Nasional Indonesia (KOMANDO) Ardan Setyadi. Ini mengartikan Tentara Rakyat yang berasal dari rakyat dan berjuang untuk rakyat. 

Konsolidasi Mahasiswa Nasional Indonesia adalah salah satu wadah pemersatu nasional antara mahasiswa dan rakyat dalam rangka mendorong terwujudnya Indonesia yang adil dan makmur. Hal itu sesuai amanat proklamasi kemerdekaan Indonesia dan Undang-Undang Dasar Negara 1945 yang asli.

Ardan Setyadi mewakili teritorial Konsolidasi Mahasiswa Nasional Indonesia Sulawesi Tenggara mengatakan, kegiatan-kegiatan yang dilakukan ASR merupakan salah satu contoh wujud dari cita-cita pendiri bangsa sebagaimana tercantum dalam pembukaan UUD 1945. Yakni melindungi segenap bangsa Indonesia dan seluruh tumpah darah Indonesia dan untuk memajukan kesejahteraan umum.

“Kami sangat mendukung langkah pangdam Hasanuddin XIV, membantu masyarakat dalam setiap kegiatannya. Misi organisasi kami seirama dengan apa yang disampaikan oleh bapak pangdam,” tutur Ardan yang juga sebagai Ketua SAPMA Pemuda Pancasila kabupaten Konawe Selatan ini, Sabtu (27/3/2021). 

Dikutip dari terobos nusantara.com, Font ASR yang dibuat dalam bentuk gambar secara menyambung, merupakan singkatan dari kata “Aku Sahabat Rakyat”. Itu bermakna kontribusi secara terus menerus yang dilakukan oleh seluruh prajurit Kodam XIV/Hasanuddin untuk rakyat di wilayahnya, karena satuan ini hebat dan kuat apabila bersatu atau bersahabat dengan rakyat.

“Oleh karena itu, dalam filosofi logo Tagline ASR ini, ada simbol jabat tangan yang bermakna hubungan persahabatan yang sangat erat antara prajurit Kodam XIV/Hasanuddin dengan rakyat yang tak pernah lepas. Persahabatan ini memaknai sinergi antara prajurit Kodam XIV/Hasanuddin dan rakyat, serta akan menjamin tegak serta kokohnya persatuan dan kesatuan bangsa”, tutur Pangdam.

Terkait hal tersebut, Kodam XIV/Hasanuddin beserta jajaranya bersatu padu dan bahu membahu mendukung upaya mengatasi kesulitan rakyat, utamanya penanggulangan COVID-19 yang sampai saat ini dampaknya belum berakhir. Hal tersebut, sekaligus sebagai wujud empati prajurit Kodam XIV/Hasanuddin terhadap sesama melalui wadah organisasi kemanusiaan yang diberi nama “Aku Sahabat Rakyat (ASR)”.

“Tagline “Aku Sahabat Rakyat” (ASR) yang akan diluncurkan pada saat ini diharapkan dapat menambah spirit bagi prajurit Kodam XIV/Hasanuddin untuk selalu siap membantu mengatasi kesulitan rakyat di manapun berada sehingga TNI selalu ada di hati rakyat dan rakyat selalu di hati TNI,” ujar Mayjen Andi.

Editor: Ridwan Maulana

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here