Tangkapan layar Ketua Umum Pimpinan Pusat GP Ansor Yaqut Cholil Qoumas pada Peresmian Pembukaan Konferensi Besar XXIII Ansor Tahun 2020, Jumat (18/9/2020). ANTARA | YOUTUBE SEKRETARIAT PRESIDEN

HARNAS.ID – Ketua Umum Gerakan Pemuda Ansor Yaqut Cholil Qoumas diminta dapat bekerja secara profesional sebagai Menteri Agama. Profesionalisme ini, kata Anggota Komisi VIII DPR RI Bukhori Yusuf, berkaitan dengan kemampuan untuk melepaskan diri dari bayang-bayang partai politik.

“Kami berharap beliau bisa bekerja sebagai seorang negarawan, yang sudah harus berani meninggalkan jauh-jauh dari bayang-bayang partainya sehingga bisa bekerja lebih profesional,” kata Bukhori kepada HARNAS.ID, Selasa (22/12/2020).

Bukhori menyampaikan hal itu lantaran Kementerian Agama (Kemenag) yang akan dipimpin Yaqut merupakan mitra kerja Komisi VIII DPR RI. Yaqut yang saat ini juga tercatat sebagai anggota DPR asal Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) ditunjuk Presiden Joko Widodo sebagai Menteri Agama menggantikan Fachrul Razi.

Penunjukan Yaqut Cholil Qoumas sebagai Menteri Agama cukup mengejutkan. Sebab, selama ini nama Yaqut tak masuk daftar kandidat calon menteri Presiden Joko Widodo.

Sementara itu, Wakil Ketua Komisi VIII DPR RI Ace Hasan Syadzily menilai, Yaqut pantas menduduki jabatan Menag.

Menurut Ace, Yaqut Cholil Qoumas berhasil membina organisasi yang konsisten guna menjaga keberagamaan di Indonesia.

“Pandangan keagamaannya diharapkan menebarkan moderasi beragama,” ungkap Ace.

Editor: Aria Triyudha

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here