Ilustrasi kamar mandi | ANTARA FILES

HARNAS.ID – Dokter spesialis menyarankan tidak menggunakan toilet yang sama jika ada keluarga yang positif terpapar COVID-19, tengah menjalani isolasi mandiri di rumah. Bukan mustahil virus itu akan menulari anggota keluarga lain jika gunakan satu toilet bersamaan.

“Misalnya yang lain sehat, hanya satu orang yang sakit, usahakan kamar mandinya sendiri, tak sharing dengan yang lain,” kata Dokter Spesialis Paru Sylvia Sagita Siahaan dikutip Antara, Jumat (22/1/2021).

Aturannya menjadi berbeda saat seluruh anggota keluarga diketahui positif COVID-19. Anda bisa saja menggunakan toilet yang sama dengan anggota keluarga lain, asalkan bisa memastikan terinfeksi dalam kurun waktu yang sama.

Namun, sebisa mungkin jangan demi keamanan kesehatan.Di sisi lain, perlu membersihkan toilet atau permukaan benda-benda yang sering disentuh menggunakan disinfektan, mencuci peralatan termasuk alat makan dan seprei menggunakan sabun serta air.

Pastikan juga pasien beristirahat, minum banyak air putih, termasuk mengonsumsi makanan bergizi. “Selain itu segera hubungi fasilitas kesehatan jika terjadi perburukan kondisi misalnya sesak napas,” tuturnya.

Apabila hanya satu atau tak semua anggota keluarga positif, gunakan masker medis ketika berada di ruangan yang sama dengan orang sakit. Jangan menyentuh masker atau wajah saat menggunakan masker dan buang masker setelah selesai menggunakannya.

Jangan luput pula untuk sering-sering mencuci tangan dengan air dan sabun setelah kontak dalam bentuk apapun dengan orang sakit atau sekitarnya, sebelum, saat, dan setelah serta sebelum sipakan makanan. Selain itu, pisahkan alat makan, gelas, handuk dan seprei orang sakit.

“Termasuk cucilah peralatan orang sakit dengan sabun dan air serta bersihkan permukaan-permukaan benda yang biasa disentuh menggunakan disinfektan setiap hari,” ujarnya.

Editor: Ridwan Maulana

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here