Gedung Kementerian Kominfo, Jakarta. HARNAS.ID | BARRI FATHAILAH

HARNAS.ID – Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) meminta operator seluler memastikan ketersediaan jaringan telekomunikasi di wilayah operasional mereka. Tujuannya, agar keterjangkauan 4G di seluruh Indonesia bisa terwujud.

“Mohon operator seluler memastikan penyebaran last mile, dan BTS,” kata Menteri Komunikasi dan Informatika Johnny G Plate, dalam acara virtual yang diadakan Masyarakat Telematika Indonesia (MASTEL), Kamis (10/12/2020).

Kominfo menargetkan ketersediaan sinyal 4G di seluruh desa dan kelurahan di Indonesia bisa selesai pada 2022. Melalui skema pembiayaan bauran, blended financing, pemerintah akan bangun masing-masing satu menara base transceiver station (BTS) untuk 9.113 desa yang mjadi wilayah kerja pemerintah.

Sementara wilayah komersial, yang menjadi domain operator seluler, berjumlah 3.435. Dari total 83.218 desa dan kelurahan di Indonesia, saat ini terdapat 12.548 titik yang menjadi blankspot 4G, atau tidak terjangkau sinyal 4G.

“Kominfo berusaha agar 100 persen keterjangkauan jaringan internet 4G di seluruh desa dan kelurahan dapat diwujudkan,” ujarnya.

Direktur Jenderal Sumber Daya dan Perangkat Pos dan Informatika, Kementerian Komunikasi dan Informatika Ismail menjelaskan, dalam pembangunan infrastruktur ini, pemerintah berperan menyelesaikan kebijakan dan regulasi.

Salah satunya melalui omnibus law Undang-Undang Cipta Kerja yang baru disahkan beberapa waktu lalu. Pemerintah juga berperan sebagai orkestrator agar iklim usaha di industri telekomunikasi berjalan dengan sehat.

Selain itu, pemerintah bisa berikan stimulus, salah satunya membuat pendanaan agar usaha kecil menengah bisa ikut serta di industri teknologi informasi dan komunikasi. Pemerintah juga memiliki fungsi sebagai wasit dalam penggunaan sumber daya terbatas spektrum frekuensi, dengan mengalokasikan frekuensi secara adil, sesuai kemampuan investasi setiap operator seluler.

Editor: Ridwan Maulana

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here