Pengunjung menggantungkan sepeda di tempat yang disediakan pengelola wisata Cireong Natural View di Desa Sukaresik, Kecamatan Sindangkasih, Kabupaten Ciamis, Jawa Barat, belum lama ini. HARNAS.ID | BARRI FATHAILAH

HARNAS.ID – Pengelola Cireong Natural View bertekad mengembangkan area wisata yang ditarget akan beroperasi pada 2021. Dengan restu warga sekitar, tempat wisata yang terletak di Desa Sukaresik, Kecamatan Sindangkasih, Kabupaten Ciamis, Jawa Barat itu menyiapkan camping ground.

“Akhir tahun ini pembangunan kami target rampung dan awal tahun depan semoga bisa beroperasi,” kata Manajer Cireong Natural View Kriesmanto saat ditemui HARNAS.ID, belum lama ini.

Menurut Kriesmanto, target utama perluasan itu salah satunya untuk mengembangkan area swafoto bagi pengunjung. Konsepnya, membuat sebuah petakan jalan dari papan yang di pinggirnya dihiasi sawah hijau, serta gazebo untuk sekadar duduk santai sembari ngeliwet, ngopi dan juga camping.

Kriesmanto mengakui, pengunjung Cireong Natural View banyak dari komunitas sepeda, sehingga berupaya mengkonsep tempat khusus demi memanjakan mereka. Salah satu yang digagas yakni membuat camping ground yang dilengkapi dengan kedai kopi. Konsep materialnya dari asesoris sepeda.

“Karena di sini banyak pesepeda, kami membuat konsep unik. Misal mejanya biasa, tetapi kursinya dari kursi sepeda dan ban sepeda. Jadi, pengunjung yang bersepeda bisa bersantai di sini. Temanya “ngorog” (ngopi di Cireong).

Cireong Natural View, merupakan tempat wisata air yang punya konsep unik dan juga alami. Dengan nuansa pegunungan, tempat wisata ini kerap dikunjungi warga sekitar bahkan dari luar kota, terutama saat libur akhir pekan.

Bagi warga sekitar, Cireong Natural View merupakan wisata favorit kala pandemi karena harga tiket masuk sangat terjangkau. Pengunjung tak perlu merogoh kocek dalam untuk sekadar masuk dan menikmati wisata air yakni Rp 10 ribu.

Setelah loket pembelian tiket, pengunjung langsung disajikan pemandangan indah dengan cuaca nan sejuk. Di bagian kanan, terdapat kolam renang yang airnya asli dari pegunungan serta resto lesehan dengan nuansa yang klasik.

Di sisi kiri, terdapat Mushola yang dikemas seperti gubuk di pedesaan serta resort penginapan. Menurut Kriesmanto, wisata unggulan di tempat ini yakni kolam renang yang sistem airnya tidak sirkulasi melainkan langsung ke pembuangan.

Kolam renang itu juga berkesan natural karena di dalamnya terdapat batu alam berukuran besar. Batu itu sengaja tidak dipindahkan saat pengerukan kolam. Di tempat ini ada juga sungai di sudut paling kanan dengan suara gemercik, termasuk tempat khusus bagi pengunjung yang ingin berswafoto.

Rupanya seperti perahu layar. Dari atas tempat itu, pengunjung bisa menikmati pemandangan indah di sekeliling. Cireong Natural View cenderung dingin karena terletak di atas permukaan gunung. Suasana ini juga menjadi daya tarik, sehingga dinamakan “natural view”.

Editor: Ridwan Maulana

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here