Tangkapan layar dialog publik virtual bertajuk Pelabuhan Patimban dan Geliat Ekonomi Nasional, Jumat (20/11/2020). HARNAS.ID | FADLAN BUTHO

HARNAS.ID – Pelabuhan Patimban, Subang, Jawa Barat akan menjadi pelabuhan berskala internasional untuk melakukan ekspor maupun impor serta distribusi ke seluruh wilayah Indonesia. 

Oleh karena itu, edukasi dan sosialisasi perlu terus dioptimalkan kepada masyarakat setempat agar memahami kehadiran Pelabuhan Patimban dapat memacu atau mendongkrak perekonomian nasional. 

“Sekarang kami terus lakukan edukasi dan sosialisasi kepada masyarakat karena tentu (Patimban) akan bangkitkan ekonomi nasional,” kata Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi dalam dialog publik virtual bertajuk Pelabuhan Patimban dan Geliat Ekonomi Nasional, Jumat (20/11/2020).

Budi meyakini, operasional Pelabuhan Patimban akan menggerakkan aktivitas ekonomi. Disisi lain, dia mengajak masyarakat maupun nelayan setempat untuk bersinergi.

“Kami dengan Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) melakukan pelatihan terhadap nelayan. Kemudian juga ada pembentukan koperasi, dan bantuan kapal untuk berikan nelayan berkegiatan dengan lebih baik,” ujar Budi menegaskan.

Pemerintah sejauh ini menjadwalkan Pelabuhan Patimban mulai beroperasi Desember 2020. Pelabuhan ini merupakan Proyek Strategis Nasional (PSN).

Editor: Aria Triyudha

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here