Pasien terkonfirmasi positif COVID-19 tanpa gejala melakukan relaksasi di Stadion Jember Sport Garden beberapa pekan lalu | ANTARA

HARNAS.ID – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Jember akan menjemput pasien terkonfirmasi positif COVID-19 tanpa gejala yang melakukan isolasi mandiri di rumah untuk dibawa ke tempat isolasi khusus di Stadion Jember Sport Garden (JSG) Langkah ini seiring meningkatnya kasus penyebaran virus COVID -19 di wilayah setempat.

“Perkembangan terakhir cukup menggelisahkan dan penambahan kasus COVID-19 di Jember cukup tinggi, sehingga kami melakukan koordinasi untuk melakukan beberapa langkah dalam memutus penyebaran COVID-19,” kata Pelaksana Tugas Bupati Jember A. Muqit Arief di Jember, Sabtu (28/11/2020).

Menurut dia, Polres Jember sudah berkoordinasi dengan Satgas Penanganan COVID-19 untuk melakukan penjemputan terhadap pasien terkonfirmasi positif yang melakukan isolasi mandiri di rumah. Termasuk mereka yang sebagian besar tidak memilihi keluhan sakit COVID-19 tetapi melakukan isolasi mandiri.

“Mereka yang melakukan isolasi mandiri memiliki risiko tinggi dalam penyebaran virus corona dan hasil evaluasinya mereka tidak disiplin dalam menjalankan isolasi mandiri di rumah karena masih ada keluarga dan tetangga yang mungkin bisa tertular,” tuturnya.

Untuk itu, lanjut Arief, Pemkab Jember meminimalisasi penularan dan penyebaran COVID-19 Jember dengan membawa semua pasien yang isolasi mandiri ke Stadion JSG sebanyak 56 orang. “Jumlah tempat tidur yang masih kosong di Stadion JSG sebanyak 57 unit, sehingga masih cukup untuk menampung warga positif,” katanya.

Stadion JSG sempat difungsikan sebagai tempat isolasi bagi pasien yang tidak mengalami keluhan pada awal menyebarnya virus corona pada April 2020. Namun jumlah pasien yang dikarantina kemudian menurun pada Juli 2020. Kondisi ini menyebabkan tidak ada lagi pasien di JSG. Selain itu, warga di sekitar JSG menolak pasien COVID-19 ditampung di JSG.

Berdasarkan data Satgas Penanganan COVID-19, tambahan warga Jember yang terkonfirmasi positif hingga 27 November 2020 sebanyak 52 orang. Pasien sembuh bertambah sebanyak 26 orang. Sedangkan meninggal dunia bertambah lima orang.

Oleh karena itu, total kasus terkonfirmasi positif COVID-19 hingga kemarin menjadi 2.268 orang, dengan rincian pasien sembuh 1.668 orang, dirawat sebanyak 502 orang, dan meninggal dunia sebanyak 98 orang.

Editor: Aria Triyudha

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here