Api membumbung tinggi saat terjadi kebakaran di kompleks Pertamina RU VI Balongan, Indramayu, Jawa Barat, Senin dini hari (29/3/2021) | ANTARA FILES

HARNAS.ID – Kabid Humas Polda Jawa Barat Komisaris Besar Polisi Erdi A Chaniago menyatakan, polisi menyelidiki penyebab terbakarnya kilang minyak RU VI Balongan, Kabupaten Indramayu, Jawa Barat. 

“Kami selidiki (penyebab kebakaran). Memang banyak hal info yang kami dapatkan,” katanya dikutip Antara, Senin (29/3/2021).

Menurut dia, ada dua kemungkinan penyebab terjadinya kebakaran itu, antara lain yakni karena kebocoran, atau dari adanya petir yang menyambar ke tangki minyak. 

Namun, kata dia, sejumlah spekulasi itu masih perlu dibuktikan dengan menunggu dimulainya proses olah tempat kejadian perkara (TKP). Karena menurutnya sejauh ini pihak Pertamina masih berupaya mengontrol situasi.

“Pertamina sedang bekerja keras melakukan pendinginan. Kalau sudah padam baru dilakukan olah TKP,” ujarnya. Sejauh ini, dia memastikan polisi telah mengevakuasi disertai sterilisasi lokasi dengan radius dua kilometer dari titik api di kompleks kilang minyak itu.

Adapun warga dievakuasi untuk meminimalisir timbulnya kembali korban. Karena saat ini tercatat ada lima warga yang mengalami luka bakar akibat tersambar api. 

“Apakah bisa dipadamkan dalam waktu cepat atau mungkin menyebar ke tempat lain. Petugas keamanan dibantu pemerintah setempat melakukan evakuasi,” katanya.

Editor: Ridwan Maulana

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here