Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Panjaitan | MARITIM.GO.ID

HARNAS.ID – Presiden Joko Widodo melalui Menteri Sekretariat Negara (Mensesneg) Pratikno telah menunjuk Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Panjaitan sebagai Menteri Kelautan dan Perikanan (KKP) sementara menggantikan Edhy Prabowo. Pasalnya, Edhy saat ini tengah menjalani pemeriksaan terkait kasus dugaan korupsi izin ekspor bibit lobster di Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK).

Juru Bicara Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Jodi Mahardi mengatakan, Luhut telah menerima penugasan sebagai Menteri KKP ad interim. 

“Menko Luhut telah menerima surat dari Mensesneg yang menyampaikan bahwa berkaitan dengan proses pemeriksaan oleh KPK terhadap Menteri KKP, maka Presiden berkenan menunjuk Menko Kemaritiman dan Investasi sebagai Menteri KKP ad interim,” kata Jodi saat dikonfirmasi, Rabu (25/11/2020).

KPK sebelumnya memastikan penangkapan sekaligus pemeriksaan terhadap Menteri KKP Edhy Prabowo terkait dugaan korupsi izin ekspor baby lobster. Pihak yang diamankan terkait kasus dugaan izin ekspor bibit lobster sebanyak 17 orang. Istri Edhy dan sejumlah pejabat KKP juga diamankan dalam operasi penangkapan secara terpisah di Bandara Soekarno-Hatta, Jakarta, dan Depok.

Editor: Aria Triyudha

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here