Sejumlah mahasiswa dari Tim Pengabdian Masyarakat FIK UI bersama beberapa remaja melakukan bersih-bersih pantai di di Pantai Pasir Putih, Desa Sukarame, Pandeglang, Banten | HUMAS KIP UI

HARNAS.ID –  Sivitas akademika Fakultas Ilmu Keperawatan Universitas Indonesia (FIK UI) mengajak masyakarat khususnya remaja sadar akan kebersihan lingkungan. Langkah ini diimplementasikan melalui program bertajuk *Kawasan Pantai Berseri (Bersih, Sehat, dan Asri) Berkat Remaja Sadar Sampah di Pantai Pasir Putih, Desa Sukarame, Pandeglang, Banten.

Sebanyak 24 remaja Desa Sukarame berpartisipasi pada kegiatan tersebut. Para remaja ini diarahkan membersihkan kawasan pantai dari sampah dan memilah sampah organik dan anorganik.

“Latar belakang aksi pengabdian masyarakat ini didasarkan atas kurangnya kesadaran masyarakat dalam membuang sampah yang menyebabkan lingkungan pantai menjadi kotor dan tidak terawat. Hal ini menyebabkan menurunnya angka kunjungan wisata ke Kawasan pantai dan ditambah juga akibat tsunami Selat Sunda akhir 2018 dan pandemi COVID-19,” kata Dosen FIK UI Poppy Fitriyani dalam keterangan tertulis, Selasa (22/12/2020)

Terkait tsunami di Selat Sunda akhir 2018, Poppy menjelaskan, peristiwa itu meluluhlantakan dataran di sekitar pantai Pandeglang.

“Setidaknya 556 rumah rusak, sembilan hotel rusak berat dan 60 warung hancur sehingga mengakibatkan rusaknya lingkungan pada daerah tersebut. Dampak kerugian sangat terasa pada sektor wisata. Ditambah lagi kesadaran masyarakat yang rendah dalam mengelola pantai menjadi salah satu faktor penyebab pantai di daerah Pandeglang cenderung kotor dan tidak terawat,” ujar Poppy.

Program Pantai Berseri ini digagas Tim Pengabdian Masyarakat FIK UI yang terdiri dari Poppy Fitriyani (ketua),  Ice Yulia Wardani,beserta mahasiswa program sarjana keperawatan FIK UI. Direktorat Pengabdian dan Pemberdayaan Masyarakat (DPPM UI) turut memberikan dukungan.

Rangkaian kegiatan yang dijalankan juga turut menyertakan penyuluhan tentang COVID-19, Pola Hidup Bersih dan Sehat (PHBS), dan tata cara memilah sampah. Selain dibekali dengan pengetahuan, remaja sadar sampah juga melakukan praktik langsung kampanye pantai berseri di kawasan pantai.

Tim Pengabdian Masyarakat FIK UI melibatkan para remaja untuk dilatih agar dapat menjadi agen perubahan serta meneruskan aksi yang telah digagas oleh para dosen keperawatan UI.  Para peserta menyampaikan kegiatan itu sangat positif  lantaran memberikan pengetahuan tentang PHBS di tempat umum dan cara pemilahan sampah untuk membantu menyelesaikan masalah kesehatan lingkungan di sekitar pantai.

Editor: Aria Triyudha

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here