Ketua Umum PSSI Mochamad Iriawan (kiri) bersama pemain Persija Jakarta Mark Klok | pssi.org

HARNAS.ID – Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI) membuka peluang pemain Persija Jakarta Marc Klok memperkuat timnas Indonesia. Hal ini dinyatakan Ketua Umum PSSI Mochamad Iriawan merespon status warga negara Indonesia (WNI) yang akan diperoleh Mark  Klok.

“PSSI ikut senang Marck Klok selangkah lagi menjadi warga negara Indonesia. Tentu ini hal positif bagi PSSI karena Klok bisa saja dipanggil memperkuat timnas Indonesia. Klok merupakan pemain hebat, dia sudah menunjukkan talentanya saat bermain di beberapa liga di Eropa, lalu PSM Makassar dan saat ini bermain di Persija Jakarta,” kata Iriawan dikutip dari laman resmi PSSI, Senin (5/10/2020).

Iriawan menjelaskan, PSSI lebih selektif untuk menyetujui program naturalisasi pemain. PSSI, kata dia, hanya akan mengajukan proses naturalisasi bagi pemain yang memiliki skill, teknik serta attitude yang mumpuni dan bisa menambah kekuatan timnas Indonesia.

Sebelumnya, Ketua Umum PSSI Mochamad Iriawan didampingi Plt Sekjen PSSI Yunus Nusi dan Marck Klok berada di kantor PSSI, Jakarta untuk menjalani rapat kerja secara virtual pemberian kewarganegaraan Republik Indonesia bersama Komisi III DPR, Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkunham), Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora). Ketiga lembaga negara ini menyetujui Marck Klok menjadi WNI.

Pemain kelahiran Amsterdam, Belanda, 20 April 1993 tersebut mengajukan proses naturalisasi sejak masih berseragam PSM Makassar pada tahun 2019. Klok mengajukan proses naturalisasi karena ingin membela timnas Indonesia. PSSI melalui Ketua Umum Mochamad Iriawan pun membantu proses naturalisasi pemain yang berposisi sebagai gelandang tersebut.

Sementara itu, Marc Klok mengaku bersyukur dan gembira lantaran tak lama lagi menyandang status WNI

“Terima kasih kepada Ketua Umum PSSI (Mochamad Iriawan) dan pihak-pihak yang telah membantu saya dalam proses naturalisasi ini.”

Editor: Aria Triyudha

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here