Seorang demonstran menunjukkan poster bertuliskan “Cucu Seorang Proklamator Malah Berlagak Seperti Diktator” saat aksi menolak pengesahan Omnibus Law UU Cipta Kerja, bertepatan peringatan satu tahun pemerintahan Presiden dan Wakil Presiden RI Jokowi-Ma’ruf Amin di kawasan Patung Kuda, Jakarta Pusat, Selasa (20/10/2020). HARNAS.ID | FADLAN SYIAM BUTHO

HARNAS.ID – Satu tahun pemerintahan Presiden dan Wakil Presiden Republik Indonesia (RI) Joko Widodo (Jokowi)-Ma’ruf Amin diwarnai aksi unjuk rasa Badan Eksekutif Mahasiswa Seluruh Indonesia (BEM SI). Mereka menyuarakan penolakan pengesahan Omnibus Law Undang-Undang Cipta Kerja (UU Cipta Kerja) di sekitar kawasan Patung Kuda, Jakarta Pusat, Selasa (20/10/2020).

Pantauan HARNAS.ID, ratusan massa gabungan dari sejumlah perguruan tinggi di Jabodetabek itu sempat merangksek masuk ke depan barisan yang dijaga ketat aparat. Mereka, bahkan berhadapan langsung dengan barikade aparat kepolisian yang berjaga di belakang kawat berduri dan pembatas jalan beton. Di sekitar lokasi, personel Kowad dari TNI dan Polwan dari Polri disiagakan.

Meski teriakan-teriakan provokasi sempat bermunculan, pihak kepolisian terus mengimbau massa agar membubarkan diri lantaran batas waktu penyampaian pendapat di muka umum, hampir habis. Elemen mahasiswa dan buruh pun mereda meninggalkan lokasi, sehingga aksi berlangsung kondusif, kendati sebagian dari massa ada yang masih bertahan di sekitaran lokasi demo.

Editor: Ridwan Maulana

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here