POLHUKAM Sejumlah Nama Mencuat, DPR Tunggu Pengajuan Presiden soal Calon Kapolri

Sejumlah Nama Mencuat, DPR Tunggu Pengajuan Presiden soal Calon Kapolri

Wakil Ketua DPR RI Sufmi Dasco Ahmad | ANTARA

HARNAS.ID – Pimpinan DPR  menunggu pengajuan nama  calon Kepala Kepolisian Republik Indonesia (Kapolri) resmi dari Presiden Joko Widodo. Hal ini merespon mencuatnya tiga nama yang dinilai bisa menjadi pengganti Kapolri Jenderal Polri Idham Aziz

“Tiga nama calon Kapolri itu bukan keluar resmi dari Presiden, sebagai yang berhak menentukan satu nama yang akan diajukan ke DPR,” kata Wakil Ketua DPR RI Sufmi Dasco Ahmad dikutip Antara di Kompleks Parlemen RI, Senayan, Jakarta, Jumat (13/11/2020).

Dasco menjelaskan, jika dilihat dari kinerja, nama-nama yang santer di publik memang dikenal DPR RI memiliki kinerja yang baik. Tiga nama yang mencuat itu adalah Kapolda Metro Jaya Inspektur Irjen Pol Nana Sudjana, Kapolda Jawa Tengah Irjen Pol Ahmad Luthfi, dan Kapolda Jawa Timur Irjen Pol M Fadil Imran.

“Kalau dilihat dari kinerja, ya memang tiga-tiganya kami kenal baik dan mempunyai kinerja yang baik, itu saja terima kasih,” kata Dasco.

Ketua Presidium Indonesia Police Watch (IPW) Neta S Pane menyebut Kapolri Jenderal Polisi Idham Azis akan memasuki masa pensiun pada 30 Januari 2021.

Dalam pernyataan tertulisnya, Net menyebut bursa calon pengganti Kapolri akan semakin riuh dengan masuknya tiga nama perwira tinggi Polri tersebut.

Apalagi, kata Neta, Kapolri mungkin akan menaikkan pangkat tiga Inspektur Jenderal Polisi itu menjadi Komisaris Jenderal Polisi (Komjen Pol). Pasalnya, tiga nama Komjen Pol  akan pensiun pada akhir 2020 yaitu Kepala Badan Narkotika Nasional (BNN) Komjen Pol Heru Winarko, Sekretaris Jenderal Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) Komjen Pol Antam Novambar, dan Sekretaris Utama (Sestama) Lembaga Ketahanan Nasional (Lemhannas) Komjen Pol Didid Widjanardi.

Sebelumnya, Karo Penmas Polri Brigjen Awi Setiyono menyambut baik semua pendapat serta prediksi yang berkembang terkait sosok calon Kapolri. Namun, kata Awi, siapa yang akan diajukan sebagai calon Kapolri merupakan hak prerogative Presiden Joko Widodo

“Mari sama-sama kita tunggu pada waktunya nanti Bapak Presiden akan menyampaikan keputusannya,” ujar Awi menegaskan.

Dari informasi lain yang mengemuka saat ini, Kabareskrim Komjen Listyo Sigit Prabowo disebut-sebut jenderal bintang tiga yang paling berpeluang di pilih Presiden Joko Widodo untuk diajukan sebagai calon Kapolri. Sebab, Listyo adalah mantan ajudan Presiden. 

Di level jenderal bintang tiga lainnya, mencuat nama Wakapolri Komjen Gatot Edy Pramono, Kabaintelkam Komjen Rycko Amelza Dahniel, Irwasum Polri Komjen Agung Budi Maryoto dan Kabaharkam Komjen Agus Adrianto.  Selain itu, terdapat pula nama Kepala Badan Nasional Penanggulangan Terorisme Komjen Boy Rafli Amar.

Editor: Aria Triyudha

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here