Piala Thomas (kiri) dan Piala Uber (kanan) | ANTARA FILES

HARNAS.ID – Piala Thomas dan Uber 2020 diputuskan digelar pada Oktober 2021 di Aarhus, Denmark, setelah mengalami tiga kali penundaan. Keputusan tersebut diambil Federasi Bulu Tangkis Dunia (BWF) berbarengan dengan rilis jadwal baru turnamen bulu tangkis untuk 2021.

“BWF mengonfirmasi bahwa Piala Thomas dan Uber 2020 yang ditunda awal tahun ini akan berlangsung di Aarhus pada pekan ke-41,” demikian pernyataan BWF, dikutip Antara, Rabu (23/12/2020).

Penyelenggaraan ajang dua tahunan tersebut akan menjadi bagian dari rangkaian turnamen dengan menerapkan sistem klaster di Denmark bersamaan Denmark Open 2021 di Odense. Piala Thomas dan Uber 2020 seharusnya berlangsung pada Mei.

Namun, akibat pandemi COVID-19, BWF memutuskan untuk menunda turnamen hingga Agustus. Sialnya, kompetisi beregu paling bergengsi itu harus kembali ditunda dua bulan atau sampai Oktober sehubungan dengan kekhawatiran otoritas Denmark terkait situasi pandemi yang tak kunjung mereda.

Ketika tuan rumah menyatakan kesiapannya dalam menghidupkan kembali turnamen bulu tangkis yang sudah tertunda sejak Maret, beberapa negara justru memilih mundur dari keikutsertaannya dari Piala Thomas dan Uber 2020.

Kondisi tersebut memaksa turnamen harus ditunda lebih lama. Sementara itu, Denmark Open 2020 tetap berlangsung dan hanya diikuti sejumlah negara. Namun, kini BWF telah resmi merilis kompetisi untuk tahun 2021. Turnamen akan dibuka dengan rangkaian tur Asia yang digelar di Bangkok, Thailand.

Sedikitnya, tiga turnamen yang seharusnya masuk kalender 2020, tetapi dijadwal ulang ke 2021, yakni YONEX Thailand Open (12-17 Januari), TOYOTA Thailand Open (19-24 Januari), dan BWF World Tour Finals 2020 pada 27-31 Januari.

Editor: Ridwan Maulana

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here