Menristek/Kepala BRIN Bambang Permadi Soemantri Brodjonegoro saat menyerahkan penghargaan kepada Rektor UI Ari Kuncoro di Inovasi Indonesia Expo 2020, Auditorium Gedung B.J Habibie, Gedung BPPT, Jakarta, Selasa (10/11/2020) | HUMAS KIP UI

HARNAS.ID – Universitas Indonesia (UI) meraih penghargaan peringkat pertama di Indonesia sebagai perguruan tinggi inovatif dalam manajemen inovasi. 

Penghargaan itu diserahkan langsung oleh Menteri Riset dan Teknologi/Kepala Badan Riset dan Inovasi Nasional Prof Bambang Permadi Soemantri Brodjonegoro, Ph.D kepada Rektor UI Prof. Ari Kuncoro, S E, M A, Ph.D pada pelaksanaan Inovasi Indonesia Expo 2020 di Auditorium Gedung B.J Habibie, Gedung Badan Pengkajian Penerapan Teknologi (BPPT), Jakarta, Selasa (10/11/2020).

Rektor UI Prof Ari menyampaikan terima kasih atas perhargaan yang diberikan kepada UI. Hal  ini dinilai menjadi penyemangat sivitas akademika, para inovator, periset, dan akademisi UI untuk semakin bekerja keras berkarya dan berinovasi demi kemajuan dan kemandirian bangsa.

“Sesuai arahan Presiden Joko Widodo, UI berkomitmen memperkuat inovasi dan competitiveness atau daya saing melalui pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi guna meningkatkan kesejahteraan masyarakat,” kata Ari dalam keterangan tertulis, Selasa (10/11/2020).

Menurut dia, manajemen inovasi di UI memiliki kekhasan pada proses bisnis. Riset dan kajian yang dilakukan UI merujuk pada permasalahan yang ada di masyarakat. Langkah ini didukung oleh sumber daya manusia, anggaran, infrastruktur, dan berada dalam jejaring nasional dan internasional yang sangat kuat.

Capaian inovasi UI di antaranya kekayaan intelektual. Terkait hal ini, kekayaan intelektual (KI) UI merupakan yang tertinggi di Indonesia, yaitu sebanyak 2.542 hak cipta dan paten pada tahun 2015-2019.  Pada November 2020, angka itu diprediksi akan tembus mencapai 3.000 KI.

Ari menambahkan, UI juga turut memajukan industrialisasi nasional, memajukan pertumbuhan industri baru, kecil dan berbasis teknologi, melahirkan banyak startup, terjun langsung memanfaatkan produk inovasi ke masyarakat dari Sabang sampai Merauke, serta menyumbang pemikiran melalui rekomendasi kebijakan atau policy brief bagi pemerintah.

Rangkaian Inovasi Indonesia Expo 2020 dibuka oleh Presiden Joko Widodo. Kegiatan ini berlangsung selama empat hari, yaitu 10 – 13 November 2020.  Presiden menekankan, inovasi adalah kunci transformasi. Selain itu, solusi untuk mengatasi permasalahan dan modal untuk memenangkan persaingan.

“Selama pandemi COVID-19, kita melihat betapa pentingnya inovasi, semua negara berlomba untuk menjadi negara terdepan, tercepat, terunggul melalui inovasi. Demikian pula, di negara kita, inovasi semakin bertumbuh melalui terobosan baru di bidang kesehatan, alat kesehatan,dan lainnya. Berbagai komunitas peneliti juga terus bekerja mencari obat dan terapi guna mengatasi COVID-19. Ini bukti kita memiliki banyak talenta hebat untuk berkarya mewujudkan kemandirian dan keunggulan bangsa,” kata Presiden.

Sementara, Menteri Riset dan Teknologi/Kepala Badan Riset dan Inovasi Nasional Prof Bambang Permadi Soemantri Brodjonegoro, Ph.D menjelaskan, sinergi dan kolaborasi triple helix dalam menghasilkan produk nasional perlu diperkuat agar dapat mendorong substitusi impor berbasis inovasi.

“Atau bahkan menciptakan inovasi yang dapat mendorong ekspor produk Indonesia,” ujar Bambang.

Pada acara tersebut, dilakukan pemutaran video sebagai penghormatan kepada almarhum Ir. Hadi Tresno Wibowo, M.T, dosen Program Studi Teknik Perkapalan – Departemen Teknik Mesin Fakultas Teknik UI. Hadi dinilai berdedikasi sebagai tokoh inovator Indonesia lewat karya kapal pelat datar menggunakan baja. Penemuan ini telah disahkan Presiden Joko Widodo untuk dipakai nelayan di Indonesia.

Inovasi Indonesia Expo 2020 juga menampilkan berbagai produk inovasi dari berbagai Lembaga Penelitian, Pengembangan, Pengkajian, dan Penerapan (Litbangjirap). Sejumlah produk/karya inovatif karya Sivitas akademika UI juga turut berpartisipasi dalam ajang pameran tersebut, di antaranya Kapal Pelat Datar, COVENT-20, Flocked Swab HS-19, APD Respirator, Sterilisator Pernafasan, DM Edu Corner, Portable sampling device, Penggunaan sel punca mesenkimal asal tali pusat sebagai terapi pasien COVID-19.

Editor: Aria Triyudha

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here