Ketua Tim Penelusuran Dugaan Plagiarisme Universitas Sumatera Utara (USU) Jonner Hasugian | ANTARA

HARNAS.ID – Universitas Sumatera Utara (USU) membentuk tim untuk menyelidiki tuduhan salah seorang civitas akademika yang melakukan plagiarisme.

Ketua Tim Penelusuran USU Jonner Hasugian menjelaskan, sejak 10 Desember 2020 tim menelusuri artikel-artikel dalam jurnal terkait dengan tuduhan plagiarisme tersebut.

“Tim telah menelusuri dan menelaah seluruh dokumen yang terkait dengan permasalahan tersebut. Tim telah melaporkan seluruh rangkaian kegiatan yang terkait dengan tugas tersebut kepada Beliau (Rektor USU),” kata Jonner dalam keterangannya, Jumat (18/12/2020).

Ia mengemukakan, plagiarisme akan mencederai nama baik dan reputasi perguruan tinggi.

“USU selama lima tahun terakhir ini telah menorehkan prestasi secara nasional dan internasional. Tentunya hal tersebut tidak kita inginkan, USU tiba-tiba jatuh hanya karena persoalan plagiarisme,” kata Jonner dikutip Antara.

“Jika informasi tersebut benar, tentu hal ini sangat berdampak terhadap kredibilitas USU sebagai institusi penyelenggara pendidikan tinggi yang sangat menjunjung tinggi etika dan kejujuran akademik,” ujar Jonner menambahkan.

Editor: Aria Triyudha

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here