Pelindo Regional 2 Tunjukan Kinerja Positif Disokong Tanjung Priok

Pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta. (Foto : Istimewa)

Harnas.id, Jakarta – PT Pelabuhan Indonesia (Persero) Regional 2, melaporkan kinerja positif untuk arus petikemas dan arus penumpang pada triwulan ke-3 tahun 2024 di bandingkan dengan periode yang sama di tahun 2023.

Sebagai Badan Usaha Milik Negara (BUMN) di bidang jasa kepelabuhanan dan logistik, BUMN itu terus berupaya mempersingkat port stay kapal di pelabuhan sehingga berdampak pada efektifitas dan efisiensi dalam pelayanan operasional pelabuhan.

Selain itu, juga memberikan manfaat kepada pelanggan untuk mendapatkan opportunity bisnis yang lebih besar lagi.

Hal itu disampaikan, Executive Director Pelindo Regional 2, Drajat Sulistyo kepada wartawan, pada Selasa (15/10/2024).

Drajat mengatakan arus petikemas pada triwulan 3 tahun 2024 di Pelindo Regional 2 sebanyak 6,3 Juta twenty foot equivalent units (TEUs) atau tumbuh 5.8% ketimbang periode yang sama tahun 2023 yang tercatat 5,9 Juta TEUs.

“Kenaikan arus petikemas ini dikarenakan adanya peningkatan kunjungan petikemas di Cabang Tanjung Priok, kunjungan kapal petikemas yang lebih besar dibandingkan tahun lalu di Pelabuhan Petikemas wilayah Regional 2 serta masuknya beberapa perusahaan pelayaran baru,” ucapnya.

Sedangkan untuk arus penumpang menunjukkan peningkatan 10.6% pada Triwulan 3 tahun 2024 dengan jumlah 912 ribu penumpang dibandingkan dengan triwulan 3 tahun 2023 sebanyak 828 Ribu penumpang.

“Kenaikan pada arus penumpang ini dikarenakan meningkatnya volume kunjungan kapal Cruise di Cabang Tanjung Priok” ujar Drajat.

Dia menambahkan, meningkatnya kinerja operasional ini, salah satunya merupakan hasil dari digitalisasi pada sistem manajemen logistik Pelindo yang terintegrasi dengan Stakeholder dan pengguna jasa.

“Sehingga dapat mengoptimalkan proses bongkar muat barang dan mengurangi port stay atau waktu sandar kapal di pelabuhan,” ucap Drajat.

 

Editor : Edwin S