Harnas.id, Jakarta – PT Pelayaran Nasional Indonesia (PT Pelni) mencatat lonjakan penumpang selama periode libur Natal 2024 dan Tahun Baru 2025. Sebanyak 551.383 penumpang terlayani, meningkat 8,7 persen dari proyeksi awal sebesar 507.054 orang.
“Angkutan Natal dan Tahun Baru 2024/2025 berlangsung sukses dengan pencapaian 551.383 penumpang. Kami berterima kasih kepada pelanggan setia dan seluruh pemangku kepentingan yang mendukung kelancaran arus mudik dan balik,” ujar Direktur Utama PT Pelni, Tri Andayani, dikutip Selasa (14/1).
Peningkatan Layanan dan Puncak Arus Penumpang
Pelni memulai operasional untuk periode Natal dan Tahun Baru sejak 11 Desember 2024 hingga 8 Januari 2025. Sebanyak 467.143 penumpang diangkut menggunakan kapal penumpang dan 84.240 penumpang dengan kapal perintis.
Puncak arus mudik terjadi pada 20 Desember 2024 dengan 26.614 penumpang, sedangkan puncak arus balik tercatat pada 5 Januari 2025 dengan 24.575 penumpang.
Pelabuhan dan Rute Terfavorit
Lima pelabuhan tujuan terfavorit penumpang adalah Ambon, Makassar, Belawan, Batam, dan Sorong. Adapun 10 pelabuhan keberangkatan terpadat meliputi:
- Ambon
-
Makassar
-
Batam
-
Sorong
-
Jayapura
-
Belawan
-
Bau-Bau
-
Manokwari
-
Kupang
-
Balikpapan
Ruas perjalanan terpadat di antaranya Batam–Belawan, Makassar–Bau-Bau, Manokwari–Sorong, Jayapura–Biak, dan Ambon–Ternate.
Distribusi Penumpang Berdasarkan Wilayah
Selama masa libur, wilayah Indonesia tengah mencatat pergerakan penumpang tertinggi sebanyak 222.759 orang (40,4%), diikuti wilayah timur 202.358 orang (36,7%), dan wilayah barat 126.267 orang (22,9%).
Program Tiket Gratis
Pada periode ini, Kementerian Perhubungan memberikan program tiket gratis sebanyak 3.100 tiket, dengan realisasi 3.021 tiket (97%). Program ini mencakup rute seperti Batam–Belawan (696 tiket), Sorong–Ambon (200 tiket), dan Jayapura–Biak (199 tiket).
Kesiapan Armada
PT Pelni mengerahkan total 55 kapal, terdiri atas 25 kapal penumpang dan 30 kapal perintis, untuk mendukung kelancaran angkutan libur akhir tahun.
Tri Andayani menambahkan, “Kami berkomitmen untuk terus meningkatkan layanan transportasi laut dan mendukung mobilitas masyarakat, khususnya dalam momen-momen besar seperti Natal dan Tahun Baru.”