Mahasiswa UI Ciptakan Mobil Listrik Hemat Energi Dengan Sejumlah Prestasi Dalam Kompetisi

Arjuna 3.0, Mobil Listrik Ciptaan Mahasiswa Fakultas Teknik UI

DEPOK,Harnas.id-Mahasiswa Fakultas Teknik Universitas Indonesia yang tergabung dalam tim UI Supermileage Vehicle (SMV) berhasil menciptakan mobil listrik hemat energi. Mobil yang diberinama Arjuna 3.0 ini pun berjalan baik saat dioperasikan. Bahkan mobil ini mampu menyabet juara berbagai kompetisi, dalam dan luar negeri.

Mobil yang rilis pada tahun 2018 ini terus mengalami pengembangan dan penyempurnaan. Kini Arjuna 3.0 menjadi salah satu kendaraan hemat energi di Indonesia.

Komponen vital pada mobil listrik unggulan Universitas Indonesia yang diadopsi dari motor listik ini diproduksi secara mandiri oleh para mahasiswa Fakultas Teknik Universitas Indonesia yang tergabung dalam Tima SMV.

Berbahan serat karbon yang ringan, menambah akselerasi mobil berbentuk burung Elang ini. Filosofinya, mobil ini memiliki efisiensi dan ketangguhan.

Dengan rangka yang menggunan sistem rigid, membuat Arjuna 3.0 ini memiliki koefisien drag dan koefisien lift dengan tingkat kestabilan handling yang tinggi.

Arjuna 3.0 diklaim sebagai salah satu kendaraan hemat energi di tanah air. Hanya dengan mengisi daya selama 3 jam, maka mobil kapasitas listrik mobil ini sudah terisi penuh. Ditambah lagi mobil ini mampu menempuh 2.268 kilometer dengan rata-rata kecepatan 40 kilomter per jam.

“Nah ini semuanya kita full manufaktur di bengkel kita sendiri di fakultas teknik UI dengan tim kami arjuna di bengkel,” ujar<span;> Rafael Sinema Hia, Anggota Tim SMV UI, Sabtu (22/06/2024).

Lebih lanjut Rafael memaparkan prihal material dalam pembuatan Arjuma 3.0. Dikatakannya, serat karbon mendominasi 80 persen material mobil hemat energi ini.

“Untuk materialnya sendiri ini full carbon fiber.Jadi keseluruhan body dari depan sampe belakang itu full carbon fiber,” tambahnya

Arjuna 3.0 telah meraih prestasi dalam berbagai prestai, baik di dalam maupun luar negeri. Diantara deretan kompetisi yang berhasil disabet Arjuna 3.0 adalah juara 1 Urban Concept Baterry Electric 2022, juara 2Urban Concept Bayerry Electrical Qualified to Drivers World Championship India 2024.

Rencanya di tahun ini Arjuna 3.0 akan disertakan dalam kompetisi Shell Eco Marathon Asia-Pasific yang akan diselenggarakan di Sirkuit Mandalika pada 2-7 Juli mendatang.