Datangkan Investor untuk Aktifkan Pelabuhan Manggar jadi Gerbang Ekonomi Beltim

Kamarudin Muten bersama investor saat meninjau langsung lokasi pelabuhan Manggar, di Kecamatan Manggar. (Foto : Istimewa)

Harnas.id, Belitung – Pelabuhan Manggar yang mempunyai sejarah serta potensi besar mulai dilirik salah satu investor. Gagasan besarnya adalah menjadikan Pelabuhan tersebut sebagai gerbang ekonomi Belitung Timur.

Salah satu putra daerah yang menunjukan komitmennya untuk mengembangkan perekonomian daerah yaitu dengan menghidupkan Kembali Pelabuhan Manggar adalah  Kamarudin Muten.

Ia mulai mengambil langkah konkret dengan meninjau pelabuhan dan menghadirkan investor yang mepunyai minat dalam mendukung realisasi proyek tersebut.

Kamarudin berencana untuk menghidupkannya kembali dan mengembangkan Pelabuhan Manggar menjadi pelabuhan yang mampu menangani logistik dan angkutan penumpang kapal besar.

“Pelabuhan Manggar ini punya sejarah dan potensi besar, sayang sekali kalau dibiarkan begitu saja. Saya ingin pelabuhan ini aktif kembali, menjadi besar dan megah, sehingga bisa menjadi gerbang ekonomi baru untuk Beltim. Ini bukan hanya soal infrastruktur, tapi juga soal membuka peluang baru untuk perekonomian daerah,” ujar Kamarudin seperti dikutip posbelitung.co, (16/08/2024).

Langkah konkret untuk merealisasikan gagasan ini telah dimulai oleh Kamarudin Muten dengan mendatangkan Wongso selaku investor dan merupakan sahabat dekatnya, yang telah menunjukkan minat dan keinginan untuk merevitalisasi pelabuhan.

“Realisasi dari gagasan ini tidak mudah, tapi dengan dukungan sahabat saya yang mulai menunjukkan minat, kami optimis bisa mewujudkannya. Pelabuhan Manggar akan menjadi pusat aktivitas ekonomi yang akan mendongkrak perekonomian Belitung Timur secara signifikan,” tambah Pak Afa.

Rencana revitalisasi ini diharapkan tidak hanya akan meningkatkan aktivitas logistik dan transportasi di Beltim, tetapi juga akan membuka lapangan pekerjaan baru dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat setempat.

Dalam kesempatan yang sama, Wongso selaku investor menunjukkan minat dan siap mendukung proyek revitalisasi tentu dengan kajian yang lebih komprehensif agar berdampak untuk masyarakat.

“Kami melihat potensi besar di Pelabuhan Manggar ini. Dengan revitalisasi yang tepat, pelabuhan ini bisa menjadi pusat distribusi utama di wilayah ini. Namun, kami harus memastikan bahwa setiap langkah yang diambil berdampak positif, tidak hanya dari segi ekonomi tetapi juga dari segi sosial bagi masyarakat sekitar,” ujar Wongso.

Kehadiran Wongso di Pelabuhan Manggar ini semakin menguatkan optimisme akan kebangkitan ekonomi di Belitung Timur melalui sektor maritim.

 

Editor : Edwin S