Dukung Kontingen Atlet Wushu Karo, Rumah Aspirasi Abetnego Tarigan Dorong Peningkatan Prasarana Olahraga

Karo, Harnas.id – Tim Atlet Wushu Karo sambangi Rumah Aspirasi Abetnego Tarigan pada Kamis, 15 Agustus 2024. Diketahui beberapa atlet wushu dari Tanah Karo akan ikut berkompetisi pada ajang Indonesia Wushu Sanda Masters Piala Wakapolri 2024.

“Kejuarannya akan berlangsung di Medan Senin depan (19 Agustus),” ungkap Pelatih Wushu Sanda Junior Karo Dona Azis Sitepu.

Konsisten Torehkan Prestasi

Kontingen Wushu Sanda Karo sendiri secara konsisten meraih prestasi pada cabang olaraga bela diri tersebut.

Pada Juli lalu, Kontingen Wushu Sanda Karo yang tergabung dalam Pengcab Wushu Kabupaten Karo sukses merebut juara umum pada ajang Pekan Olahraga Pelajar se Sumatera Utara (POPPROVSU) yang diselenggarakan di GOR Pemprov Sumatera Utara pada 1-6 Juli 2024.

Pada bulan Juni, atlet-atlet kebanggaan Tanah Karo tersebut juga sukses jadi juara umum pada Turnamen Open Championships Piala Bupati Tapanuli Utara (Taput) yang berlangsung pada Senin, 18 Juni 2024 silam.

Terkendala Infrastruktur

Pelatih Dona Azis Sitepu cukup menyayangkan minimnya ketersedian fasilitas olah raga di Tanah Karo.

“Pembangunan sarana dan perasarana seperti GOR yang belum ada di Tanah Karo, sport center masih kurang,” tegasnya.

Padahal, sebut Dona, hal itu dapat menunjang minat bakat masyarakat dan meningkatkan prestasi di Tanah Karo secara berkelanjutan.

Selain itu, menurutnya olahraga secara umum, dapat menjadi budaya yang bagus bagi masyarakat.

“Pentingnya edukasi di setiap lingkungan masyarakat,dan memasyarakatkan olahraga agar menjadi budaya yang baik, sehingga terhindar dari bahaya narkoba dan mengurangi kenakalan remaja,” sebutnya.

Harapan

Menjawab persoalan itu, Deputi II Kantor Staf Presiden Abetnego Tarigan secara konsisten mendukung anak-anak muda yang semangat dan konsisten menorehkan prestasi.

“Deputi II KSP salah satunya membidangi pemuda dan olahraga. Saya pikir hal ini perlu mendorong setiap instrumen yang ada untuk mendukung pengembangan minat dan bakat pada olahraga,” sebut Abetnego Tarigan.

Sebelumnya, diketahui Abetnego Tarigan juga melakukan pelepasan Tim Atlet Karateka Karo yang akan bertanding pada Pekan Olahraga Pelajar Provinsi Sumatera Utara (POPPROVSU) pada Senin, 1 Juli 2024 lalu.

Diwakilkan oleh Rumah Aspirasi, Abetnego Tarigan menyerahkan sejumlah bantuan dana dan dukungan moril guna guna membantu atlet yang akan bertanding nantinya.

Di lain sisi, Dona Sitepu berharap Kontingen Atlet Wushu Karo dapat mengharumkan nama Kabupaten Karo.

“Sekaligus mencatatkan bahwa Wushu Sanda Karo merupakan penghasil atlet berprestasi tak hanya di kancah regional bahkan nasional hingga internasional,” tegasnya.

Dia juga berharap agar kedepannya, infrastruktur dan fasilitas olahraga dapat ditingkatkan.

“Supaya kedepannya ini juga bisa menjadi pekerjaan yang menjanjikan,” tutupnya.(***)