Pemdes Ciangsana Gelar Musrenbangdes 2025, Jaring Aspirasi Masyarakat untuk Pembangunan Desa

 

Harnas.id, Bogor – Pemerintah Desa (Pemdes) Ciangsana, Gunung Putri, Kabupaten Bogor menggelar Musyawarah Perencanaan Pembangunan Desa (Musrenbangdes) untuk penyusunan Rencana Kerja Pemerintah (RKP) desa tahun anggaran 2025 dan Daftar Usulan (DU) RKP tahun 2026, pada Senin (23/09/2024).

Kepala Desa Ciangsana, Udin Saputra mengatakan, bahwa Musrenbangdes merupakan forum musyawarah perencanaan pembangunan desa yang diselenggarakan secara partisipatif oleh pemerintah desa, BPD, lembaga desa, unsur masyarakat, dan unsur pemerintah daerah.

“Musrenbangdes ini bertujuan untuk menjaring aspirasi masyarakat dalam rangka penyusunan RKPDes tahun 2025,” ucap Udin Saputra.

Ia menjelaskan bahwa RKPDes merupakan penjabaran dari RPJMDes yang memuat rancangan prioritas pembangunan Desa untuk jangka waktu 1 tahun.

“Bahwa hasil Musrenbangdes tersebut akan menjadi dasar dalam penyusunan RKPDes Desa Ciangsana Tahun 2024 dan Perencanaan Pembangunan Desa Ciangsana Tahun 2025. Ada pun usulan-usulan yang tentunya belum diakomodir pada tahun 2025 akan kita usulkan kembali pada ditahun 2026,” ungkapnya.

Selanjutnya Udin Saputra menyampaikan ucapan terima kasih kepada seluruh yang hadir mengikuti Musrenbangdes. Ini merupakan langkah awal pemerintah desa untuk melaksanakan pembangunan.

”Musrenbangdes merupakan agenda tahunan yang merupakan titik awal pembangunan di desa, sekaligus sebagai forum untuk mengusulkan beberapa usulan strategis yang akan di sampaikan dalam forum Musrenbangcam kecamatan,” pungkasnya.

Acara Musrenbangdes yang dilaksanakan di Aula Kantor Desa Ciangsana dipimpin langsung oleh Kepala Desa Ciangsana Udin Saputra.

Turut hadir Camat Gunung Putri yang diwakili, Kapolsek Gunung Putri yang diwakili Bhabinkamtibmas, Danramil Gunung Putri yang diwakili Babinsa, serta 200 orang lebih terdiri dari RT RW, Kadus, tokoh agama, tokoh masyarakat, MUI, DMI, Pos Yandu, Kader PKK, serta Kepala Sekolah dari PAUD, TK, SD dan SMP.

Chaerudin Ibenk