PWI Kabupaten Bogor Kembali Menggelar Safari Jurnalis di Babakan Madang : Mesti Bijak Bermedsos

Harnas.id, Bogor – Pengurus Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Kabupaten Bogor, kembali melakoni program safari jurnalistik dalam memberikan pemahaman tentang Undang-Undang Pers, Kode Etik serta pemahaman dalam menggunakan media sosial (Medsos) dengan bijak, yang berlangsung di Aula Kantor Kecamatan Babakan Madang, lantai II, pada Kamis (03/10/2024)

Ketua PWI Kabupaten Bogor, H. Subagiyo menuturkan, safari jurnalistik ini merupakan program rutin PWI Kabupaten Bogor khususnya, yang di fokuskan pada pengenalan mengenai kode etik jurnalistik kepada para aparatur perangkat desa dan Kecamatannya setempat atau forum komunikasi pimpinan kecamatan (Forkopimcam) Babakan Madang.

“Maksud dan tujuannya dari giat kami ini, untuk mengenalkan dasar-dasar kejurnalistikan yang didalam isinya mengenai kode etik UU pokok wartawan nomor 40 tahun 1999 Pers,” ucap Subagiyo dalam sambutannya, dilokasi acara.

Ia menuturkan, selama safari jurnalistik ini para peserta juga di edukasi dan diberikan pemahaman mengenai produk-produk Jurnalistik yang bisa dipertanggungjawabkan di era digital seperti saat ini.

“Di era digitalisasi sekarang ini banyak bertebaran informasi-informasi di media sosial. Dengan kegiatan tersebut nantinya para stakeholder diharapkan dapat membedakan antara produk jurnalistik dengan prodak tulisan di medsos, sehingga lebih bijak ketika menggunakan media sosial,” imbuhnya.

Menanggapi safari jurnalistik ini, Camat Babakan Madang, Ma’mun Nawawi yang akrap disapa Camat Aden ini mengaku sangat mengapresiasi PWI Kabupaten Bogor dan berharap materi yang diberikan bisa menambah ilmu, wawasan serta pengetahuan untuk para peserta undangan yang hadir.

“Besar harapan kami para undangan bisa memahami dasar ilmu membuat cerita dan membedakan antara berita fakta dan hoaks,” tandasnya.

Sekedar diketahui, kegiatan Safari Jurnalistik PWI Kabupaten Bogor ini telah berjalan sejak tahun 2023 lalu yang pelaksanaannya masih di fokuskan di instansi pemerintah seperti kantor-kantor Kecamatan yang ada di lingkungan Pemerintahan Kabupaten Bogor.

Adapun tujuan daripada kegiatan tersebut, yakni memberikan pemahaman kepada para pemangku kebijakan serta masyarakat luas terkait pers, tupoksinya, juga sosialisasi peran pers dalam rangka turut mencerdaskan anak bangsa, hingha pemahaman terkait sosial media.

Kegiatan yang menghadirkan narasumber H. Subagiyo selaku Ketua PWI Kabupaten Bogor dan Untung Bachtiar Wartawan Senior dari jurnalis koran harian Radar Bogor tersebut diikuti oleh perwakilan dari Kelurahan se-Kecamatan Babakan Madang, Ormas, MUI, TKSK dan stakeholder lainnya yang ada di forkopimcam Babakan Madang.