Ini 5 Event Lari di Indonesia dengan Pemandangan yang Indah

Foto: Para peserta sedang berlomba dalam ajang BTN Run (shutterstock_Mahendra Rahmat)

Harnas.id – Sebagai olahraga yang katanya ‘murah’, lari kini jadi tren di masyarakat. Tren itu ditangkap oleh banyak penyelenggara event dengan mengadakan event lari di berbagai tempat.

Event lari ini semakin banyak. Penyelenggara event menangkap antusiasme masyarakat dengan mengadakan event lari di berbagai tempat. Apalagi dengan menawarkan hadiah yang menggiurkan dan juga rute lari yang indah.

Banyak event lari diadakan dengan pemandangan yang menakjubkan. Ada event lari yang menelusuri pegunungan, ada yang melewati landmark ibukota, dan ada event lari yang bermula dan berakhir di candi bersejarah.

Berikut daftar event lari di Indonesia yang pernah diselenggarakan. Event lari ini dapat diikuti semua kalangan dan menawarkan pemandangan dan pengalaman yang mengesankan.

  1. BTN Jakarta International Marathon

Jakarta kerap menyelenggarakan event olahraga besar. Salah satunya adalah Jakarta International Marathon yang tahun ini disponsori oleh BTN. Event lari yang tahun ini diadakan tanggal 23 Juni 2024 ini dan mengambil rute awal Monumen Nasional dan berakhir di Gelora Bung Karno.

Rute yang dilalui event lari ini melewati beberapa landmark terkenal di Jakarta. Di antaranya Masjid Istiqlal, Gereja Katedral, Bundaran Hotel Indonesia, dan Patung Pemuda Membangun.

Kategori yang dilombakan dalam event lari ini mulai dari 5K, 10K, Half Marathon dan Full Marathon. Dalam “The Weekly Brief With Sandi Uno” di Gedung Sapta Pesona, Jakarta Pusat, Menparekraf Sandiaga mengungkapkan event lari yang digelar dalam rangka memperingati hari ulang tahun ke-497 Jakarta ini diramaikan oleh 15 ribu peserta dari 32 negara. “Jadi ini meningkatkan (kedatangan) wisatawan mancanegara,” kata Sandiaga.

  1. Maybank Marathon Bali

Event lari Maybank Marathon Bali merupakan event lari yang dinobatkan World Athletics sebagai Elite Label dan telah memenuhi standar internasional penyelenggaraan Marathon.

Tidak hanya itu, secara resmi Maybank Bali Marathon juga telah memenuhi syarat sebagai official race directory Boston Marathon pada 2014. Boston Marathon merupakan salah satu dari enam World Major Marathons.

Event lari maraton berbasis jalan raya tahunan ini diselenggarakan di Kabupaten Gianyar, Bali, Indonesia. Sudah terbayangkan berlari dengan berlatar keindahan pulau Dewata?

  1. Merbabu Sky Race

Bagi Sobat Parekraf yang menyukai tantangan, event lari Merbabu Sky Race dapat menjadi salah satu pilihan. Sebagai salah satu event lari trail run yang diadakan di Indonesia, Merbabu Sky race menantang para peserta berlari melewati terjalnya pegunungan Gunung Merbabu.

Peserta akan menghadapi tantangan berat seperti tanjakan dengan jalan beton dan trek berbatu dan tanah merah. Meski begitu, peserta event lari ini akan disuguhkan pemandangan yang sangat indah seperti jalan terhampar kebun sayur nan hijau dan melihat Gunung Merbabu dari Kejauhan.

  1. Bank Jateng Borobudur Marathon

Borobudur Marathon adalah event lari maraton bergengsi yang diikuti oleh para atlet dan pelari umum dari berbagai daerah di Indonesia. Borobudur Marathon termasuk event marathon elit yang dimiliki Indonesia.

Event lari Borobudur Marathon mengharuskan pelari untuk berlari di komplek Taman Lumbini Candi Borobudur. Sehingga rute event lari ini mengitari sekitaran pedesaan Borobudur yang menawarkan pemandangan alam yang eksotis.

Rute Borobudur Marathon terdiri dari jalan beraspal dan jalan setapak. Event lari yang akan diadakan 1 Desember 2024 ini disponsori oleh Bank Jateng. Sobat Parekraf yang ingin mengikuti event lari ini dapat mencari informasi mengenai Borobudur Maraton di tautan borobudurmarathon.com.

  1. Bromo Marathon

Event lari dengan pemandangan eksotika Gunung Bromo ini digelar di wilayah Kecamatan Tosari, Kabupaten Pasuruan pada 1 September 2024. Titik start event lari Bromo Marathon ada di Plataran Bromo, Desa Ngadiwono, Kecamatan Tosari.

Rute dan venue yang dilalui peserta cukup menantang yakni kawasan Taman Nasional Bromo Tengger Semeru sehingga pastikan Sobat parekraf dalam kondisi fit saat mengikuti Bromo Marathon.

Tidak hanya dari dalam negeri, peserta lari Bromo Marathon juga berasal dari mancanegara seperti Australia, Brunei Darussalam, India, Portugal, dan Amerika Serikat. Event lari ini diharapkan dapat memberikan efek ganda bagi warga sekitar seperti peningkatan nilai tambah ekonomi warga lokal sekitar.

Jadi, event lari mana yang sudah pernah kalian ikuti, Sob?

 

Berbagai Sumber 

Editor : Edwin S