Ateng Sutisna: Inovasi sebagai Kunci Lulusan IPB University dalam Mewujudkan Ketahanan Pangan Nasional

BOGOR,Harnas.id-Anggota DPR RI Fraksi PKS, Ateng Sutisna, menghadiri acara wisuda dan penyerahan ijazah Program Pendidikan Sarjana Terapan dan Diploma III Sekolah Vokasi IPB University untuk tahap 1 tahun akademik 2023-2024, yang berlangsung hari ini di Gedung Widya Wisuda Kampus IPB University, Bogor, Rabu pagi ( 16/10/2024).

Dalam sambutannya, Ateng Sutisna yang juga merupakan alumni IPB University memberikan pesan kepada para lulusan untuk terus berinovasi dan memanfaatkan keterampilan yang telah diperoleh selama masa studi di dunia kerja.

“Ini adalah akhir dari satu babak, namun sekaligus awal dari perjalanan hidup yang baru,” ujar Ateng Sutisna.

Ia menekankan bahwa lulusan Sekolah Vokasi IPB telah dipersiapkan dengan keterampilan dan pengetahuan yang dapat langsung diterapkan. Namun, ia juga mengingatkan bahwa kesuksesan di dunia kerja memerlukan lebih dari sekadar keterampilan teknis, melainkan juga integritas, kerja keras, serta kemampuan beradaptasi dan terus belajar.

Selain itu, Ateng Sutisna menyoroti peran besar para lulusan sebagai pemimpin masa depan. “IPB University tidak hanya mencetak lulusan dengan kompetensi tinggi, tapi juga pemimpin masa depan yang bisa berkontribusi positif di masyarakat,” katanya.

Ia yakin bahwa para wisudawan akan mampu menghadapi tantangan yang semakin kompleks dengan semangat inovasi dan keinginan untuk membawa perubahan.

Momentum wisuda kali ini juga bertepatan dengan peringatan Hari Pangan Sedunia yang jatuh pada 16 Oktober. Ateng Sutisna mengharapkan para lulusan dapat berperan dalam mewujudkan ketahanan pangan nasional melalui inovasi yang telah dipelajari selama di IPB University.

“Kami berharap kalian bisa menjadi SDM yang berkontribusi untuk mencapai kedaulatan pangan nasional,” tambahnya.

Di akhir sambutannya, Ateng Sutisna mengajak para lulusan untuk tetap menjalin hubungan yang kuat dengan almamater mereka, serta berpartisipasi dalam Tracer Study yang diadakan oleh IPB University guna meningkatkan kualitas pendidikan.

“Tetaplah terkoneksi dengan kampus, teruslah menebar kebaikan dan manfaat bagi masyarakat serta bangsa Indonesia,” tutupnya.

Acara ini juga sekaligus memperkenalkan Himpunan Alumni IPB dengan berbagai program yang bertujuan untuk mempererat hubungan antara alumni dan almamater, seperti Mentoring Leader, Diaspora Mentoring, dan Food and Agricultural Summit.