Pesawat SAM Air Jatuh di Pohuwato, Empat Orang Tewas

Harnas.id, Gorontalo – Sebuah pesawat milik maskapai SAM Air jatuh di Bandara Panua, Kabupaten, Pohuwato, Provinsi Gorontalo, sekira pukul 07:35 Wita pada Minggu (20/10/2024).

Insiden kecelakaan transportasi udara tersebut, melayani rute penerbangan Bandara Gorontalo – Bandara Pohuwatu.

Dari informasi yang diimpun, pesawat nahas Sam Air PK-SMH, jatuh sekitar 300 meter dari area landasan Bandara Bumi Panua mengangkut tiga awak dan satu penumpang.

Pesawat itu jatuh setelah mengudara selama kurang lebih 32 menit sehingga mengakibatkan empat orang tewas, termasuk penumpang wanita bernama Sri Mayke Male.

Pesawat awalnya berangkat dari Bandara Djalaluddin Gorontalo pada Minggu (20/10) sekitar pukul 07.03 Wita. Pesawat diperkirakan mendarat di Bandara Bumi Panua Pohuwato pada pukul 07.33 Wita.

“Kronologi kejadian menunjukkan bahwa pesawat PK-SMH lepas landas dari Bandara Gorontalo pada pukul 07.03 Wita, dengan perkiraan waktu tiba (ETA) pada pukul 07.33 Wita dalam kondisi cuaca berawan,” ujar Plt Direktur Jenderal Perhubungan Udara Kementerian Perhubungan (Kemenhub) Lukman F Laisa dalam keterangannya, Minggu (20/10/2024).

Dia menuturkan pesawat sedianya mendarat melalui runway 27 di Bandara Bumi Panua Pohuwato. Namun saat pesawat berbelok sebelum landing, pesawat terjatuh di area tambak warga.

“Pesawat melakukan prosedur pendaratan melalui runway 27 dan melakukan go around dengan belokan ke kiri pada menit ke 07.35 pada saat itulah pesawat jatuh di daerah tambak/empang,” imbuhnya.

Lukman juga menyebut pesawat jatuh sejauh 300 meter ke arah selatan Bandara Bumi Panua Pohuwato. Insiden itu menyebabkan sejumlah kerusakan pada pesawat.

Editor : Edwin S