Indonesia Siap Jadi Pemain Industri Gim Global, Raih Potensi Transaksi USD 121,2 Juta di Gamescom Jerman

Gamescom 2024 di Cologne, Jerman pada Rabu (21/8/2024) hingga Minggu (25/8/2024). (Foto: dok Kemendag)

Hanas.id, Jerman – Industri gim  Indonesia  mulai  menjadi  pesaing  serius  industri  gim global. Hal  ini terbukti  dengan  raihan  potensi  transaksi  saat  mengikuti  pameran  Gamescom  2024 yang dihelat di Cologne, Jerman pada 21—25 Agustus 2024.

Pada pameran gim terbesar di Eropa tersebut, industri gim  Indonesia  berhasil  membukukan  transaksi  mencapai  USD  121,2  juta  atau setara Rp1,8 triliun.

Potensi transaksi ini naik dibandingkan tahun sebelumnya yang tercatat sebesar USD 115,7 juta atau setara Rp1,7 triliun.

“Potensi transaksi yang diraih pada Gamescom 2024 membuktikan bahwa Indonesia siap menjadi pemain  di  industri  gim  global.  Selain  itu,  kenaikan  potensi  transaksi  menjadi  bukti  produk  dan talenta Indonesia di sektor gim semakin diminati di pasar global,” ungkap  Direktur  Jenderal Pengembangan Ekspor Nasional Kementerian    Perdagangan Mardyana Listyowati dalam kesempatan terpisah.

Mengusung slogan “Games from Indonesia”, Paviliun Indonesia memfasilitasi 10 delegasi industri gim  Tanah  Air  sebagai peserta pameran. Kesepuluh delegasi tersebut  yaitu  Gambir  Studio,    Glory Jam,  Agate,  PT  Klapanom  Bangkit  Berkarya,  Fat  Racoon  Games,  Plexus  Studio  &  Oray  Studios, Gingersun Games, Niji Games, Frame Rats Digital, dan Berangin Creative.

Selain berpromosi, peserta pameran di Paviliun Indonesia juga dapat melakukan penjajakan bisnis (business   matching)   melalui   akun   Meet   To   Match-Platform   Business Meeting & Matching (Gamescom.biz), jaringan personal dan pertemuan bisnis   langsung tanpa reservasi (walk-in meeting).

Penjajakan bisnis juga dilakukan melalui pelayanan informasi ekonomi kreatif dengan menayangkan video promosi program pendukungan di pameran Gamescom, misalnya melalui program di media nasional, desain konten promosi  masing-masing peserta, serta  pembuatan konten promosi video dan media sosial.

Hasil Kolaborasi Partisipasi Indonesia di Gamescom 2024 merupakan hasil kolaborasi  Kementerian Perdagangan, Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Kementerian  Komunikasi  dan  Informatika,  Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Provinsi Daerah KhususJakarta, Kedutaan Besar Republik Indonesia Berlin, Perwakilan Perdagangan Indonesia di Jerman, serta Asosiasi Game Indonesia (AGI).

Paviliun Indonesia dibuka oleh Duta Besar Republik Indonesia untuk Republik Federal Jerman Arif Havas  Oegroseno pada 21 Agustus 2024.

Pada pembukaan tersebut, Dubes Havas didampingi Deputi Bidang Ekonomi Digital dan  Produk Kreatif Kemenparekraf Muhammad Neil El Himam, Direktur Aplikasi, Permainan, TV, dan Radio Kemenparekraf Iman Santosa, Direktur Pengembangan Ekspor Jasa dan Produk Kreatif Kemendag Merry Maryati, Direktur Ekonomi Digital Kemenkominfo Bonifasius  Wahyu  Pudjianto, Atase  Perdagangan  Berlin Bayu  Wicaksono, perwakilan dari Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif DKI Jakarta, serta Ketua AGI Shafiq Husein.

Lebih  lanjut, Mardyana mengapresiasi kerja sama berbagai pihak yang  telah  berpartisipasi  dalam keberhasilan Indonesia dalam gelaran Gamescom 2024.

“Saya menyampaikan apresiasi kepada seluruh pihak yang telah mendukung  keikutsertaan Indonesia serta kerja sama dan antusiasme sektor gim nasional untuk memamerkan kualitas gim Tanah Air kepada masyarakat Eropa melalui Gamescom 2024,” imbuhnya.

Sementara itu, Direktur Pengembangan Ekspor Jasa dan Produk Kreatif Kemendag Merry Maryati menjelaskan, partisipasi Indonesia pada Gamescom 2024 telah berjalan lancar dan sesuai rencana. Selain  raihan  potensi  transaksi  yang  cukup  besar,  animo  pengunjung  Gamescom  terbilang  sangat tinggi terhadap gim Indonesia.

“Indonesia kembali akan bersiap mengikuti gelaran Gamescom pada Agustus 2025 di Koelnmesse, Jerman. Beberapa pameran gim internasional yang dapat dijadikan acuan   lainnya adalah Gamescom Asia Singapura, Games  Connection America, Busan Indie  Connect, Paris Games Week, dan Tokyo Games Show,” pungkas Merry.

Gamescom merupakan pameran dagang dan pameran gim terbesar di Eropa yang diselenggarakan setiap tahun sejak 2009.

Pameran ini juga menampilkan turnamen olah raga berbasis peralatan elektronik (mobile  e-sport tournaments), pertunjukan musik, presentasi produk, dan penjualan.

Gamescom juga menjadi ajang perekrutan talenta berbakatdi industri gim. Di sisi lain, pameran ini menjadi  ajang  untuk  membuka  pasar, membangun dan memperluas  jaringan, serta  memberikan dan meningkatkan pemahaman industri gim kepada masyarakat.

Gamescom 2024 dihadiri lebih dari 335.000 pengunjung yang berasal dari 120 negara. Khusus tahun ini, Gamescom  menyiapkan area business-to-business yang diikuti 1.462 peserta pameran dari 64 negara.

Selama penyelenggaraan pameran, areabisnis tersebut dikunjungi lebih dari 32.000 orang yang berasal dari Jerman dan luar Jerman.

 

Editor : Edwin S