BERITA UTAMA Jelang Porprov 2022, Percasi Kabupaten Bogor Adu Kemampuan

Jelang Porprov 2022, Percasi Kabupaten Bogor Adu Kemampuan

Jelang Porprov
Persatuan Catur Seluruh Indonesia (Percasi) Kabupaten Bogor, ikuti kegiatan TO (try out) atau uji coba dengan atlet catur Priangan Timur, yang berlangsung di Lapas 2B Kota Banjar pada Sabtu (8/10/2022). Foto : Istimewa.

BOGOR, Harnas.id – Untuk memantapkan kesiapan jelang Porprov (perhelatan Pekan Olahraga Provinsi XIV Jawa Barat tahun 2022, Persatuan Catur Seluruh Indonesia (Percasi) Kabupaten Bogor, ikuti kegiatan TO (try out) atau uji coba dengan atlet catur Priangan Timur, yang berlangsung di Lapas 2B Kota Banjar pada Sabtu (8/10/2022).

Sejumlah atlet ikut serta dalam kegiatan try out tersebut, yakni atlet-atlet terbaik se-Priangan Timur yang akan mengikuti Porprov 2022, seperti dari Kota Tasik, Kabupaten Ciamis, Kota Banjar dan Kota Pangandaran. Hasil pertandingan persahabatan perseorangan, atlet Percasi Kabupaten Bogor berhasil menguasai peringkat lima besar, bahkan pecatur andalan Kabupaten Bogor, Arif Abdul Hafiz menjadi juara pertama.

Ketua Percasi Kabupaten Bogor, Ajat Rohmat Jatnika mengatakan, kegiatan TO (try out) atau uji coba ini dilakukan untuk mengukur kematangan tim, baik atlet juga officialnya dalam menghadapi lawan saat pertandingan Porprov Jabar 2022 nanti.

“Melalui kegiatan TO ini, kami ingin membangun tim Percasi yang kuat, kompak dan semakin solid kekeluargaannya, sesuai dengan motto catur yakni Gens Una Sumus artinya “Kita Adalah Keluarga”. Kami harap dengan kekompakan tim yang semakin kuat ini bisa meningkatkan motivasi untuk berprestasi menjadi yang terbaik,” ungkap Ketua Percasi Kabupaten Bogor.

Selanjutnya, Ketua Koni Kota Banjar, Soedrajat Argadireja menuturkan, try out merupakan salah satu media warming up jelang Porprov 2022 nanti, karena olahraga catur merupakan olahraga familiar, sehingga ketika diadakan sebuah turnamen olahraga catur ini bisa ditingkatkan menjadi sebuah olahraga profesional.

“Ini merupakan sarana sosialisasi kepada masyarakat luas, bahwa olahraga catur tidak sekedar hobi tapi ada prestasi yang bisa dijanjikan kedepannya. Ada 44 peserta sehingga pertandingan ini kami gunakan System Swiss Manager. Hasil dari pertandingan beregu ini, antara Kabupaten Bogor dengan Priangan timur dimenangkan oleh altet Percasi Kabupaten Bogor dengan skor 11-6, Kabupaten Bogor mendapat hadiah dari Ketua Lapas Banjar,” tegasnya.

Ditempat yang sama, Kepala Lapas Banjar, Mohamad Maulana menambahkan, kegiatan pertandingan catur persahabatan dilakukan selain untuk menyosialisasikan catur kepada masyarakat, juga sebagai sarana untuk memafamiliarkan Lapas Banjar kepada masyarakat.

“Setiap hari kami sosialisasikan kepada masyarakat agar tidak takut datang ke Lapas, karena semakin banyak masyarakat yang datang ke Lapas maka pembinaan di Lapas bisa berjalan,” tandasnya. (B. Supriyadi)