Keamanan di Sektor Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Penting Bagi Kenyamanan Wisatawan

Menparekraf Sandiaga Uno saat menghadiri RAN PE Awards 2024 di The Westin, Jakarta, Senin (19/8/2024).

Harnas.id, Bogor – Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Kepala Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf/Kabaparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno menghadiri acara penganugerahan “RAN PE AWARDS 2024”, Senin (19/8/2024) di The Westin, Jakarta

Acara tersebut diselenggarakan Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT) sebagai wujud apresiasi kepada berbagai pihak terkait kerja kolaboratif dalam mengimplementasikan Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 7 Tahun 2021 tentang Rencana Aksi Nasional Pencegahan Ekstremisme Berbasis Kekerasan yang Mengarah pada Terorisme (RAN PE) baik di tingkat pusat maupun daerah.

Sandiaga mengatakan, faktor keamanan di sektor pariwisata dan ekonomi kreatif sangat penting untuk terjaga karena dengan hadirnya stabilitas keamanan akan memberikan kenyamanan bagi wisatawan saat berkunjung ke berbagai destinasi di Indonesia.

“Kemenparekraf mengapresiasi acara penganugerahan RAN PE Awards 2024. Rasa aman dan nyaman sangat penting untuk diberikan kepada wisatawan terutama dalam upaya pencapaian cita-cita pariwisata Indonesia yang berkualitas dan berkelanjutan,” kata Sandiaga.

Bersama BNPT, Kemenparekraf memiliki program bersama. Di antaranya nota kesepahaman dengan BNPT tentang sinergi pencegahan tindak pidana tindak terorisme di sektor pariwisata dan ekonomi kreatif yang ditandatangani pada tahun 2022.

Dalam nota kesepahaman ini kedua belah pihak sepakat secara bersama akan melakukan sosialisasi pencegahan tindak pidana terorisme di sektor parekraf. Selain itu juga melakukan evaluasi sistem pengamanan di sektor parekraf serta peningkatan kapasitas SDM.

Selain itu, dalam program kegiatan sosialisasi sadar wisata, Kemenparekaf juga memasukkan materi tentang RAN PE dengan menghadirkan narasumber dari BNPT.

“Standar keamanan dan kelayakan sektor pariwisata harus terus ditingkatkan demi keamanan dan kenyamanan bagi wisatawan,” ujar Sandiaga.

Sementara Kepala BNPT Komjen Pol Mohammed Rycko Amelza Dahniel, mengatakan penghargaan ditujukan kepada kementerian/lembaga pemerintah dan aktor non pemerintah yang memiliki inisiatif, komitmen, inovasi, dan kreativitas dalam mengembangkan serta melaksanakan program/kegiatan yang mendukung pelaksanaan RAN PE.

“Apresiasi juga disampaikan atas kemitraan dan dukungan negara-negara sahabat, mitra pembangunan, dan organisasi internasional dalam rangka mempercepat dan memperkuat implementasi RAN PE baik di pusat maupun daerah,” ujar Mohammed Rycko.

Sementara Wakil Presiden RI Ma’ruf Amin saat menyampaikan pidato kunci meyakini bahwa berbagai keberhasilan upaya pencegahan dan penanggulangan tindak pidana terorisme dalam beberapa tahun terakhir, seperti “zero terrorist attack” salah satunya merupakan hasil kontribusi dari pelaksanaan aksi-aksi RAN PE.

Ma’ruf juga menekankan pentingnya keberlanjutan Perpres RAN PE untuk mendukung berbagai upaya pencegahan yang perlu untuk terus dilakukan.

“RAN PE ini dapat dikatakan masih berada dalam periode pertamanya. Meskipun demikian, hasil yang dicapai sangat positif dan memberikan harapan besar bagi pencegahan dan penanggulangan ekstremisme berbasis kekerasan di Indonesia,” ujar Ma’ruf.

Turut hadir mendampingi Menparekraf Sandiaga, Direktur SDM Ekonomi Kreatif Kemenparekraf/Baparekraf, Fahmi Akmal.

 

Editor : Edwin S