KSOP Periksa Nahkoda KM Labobar Terkait Tabrakan Kapal di Pelabuhan Bitung

Detik-detik terjadinya insiden saat KM Labobar menabrak TB Nelly 31 di Pelabuhan Bitung pekan lalu.(Istimewa)

Harnas.id, Manado – Penyidik dari Kantor Syahbandar dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) Kelas I Bitung melakukan pemeriksaan terhadap Nahkoda KM Labobar pada Minggu (18/8/2024).

Pemeriksaan ini berkaitan dengan insiden tabrakan yang terjadi di Pelabuhan Bitung pekan lalu, di mana KM Labobar menabrak kapal tunda (tugboat) TB Nelly 31.

Kapal KM Labobar, yang baru saja kembali memasuki Pelabuhan Bitung, menjadi fokus utama dari penyelidikan ini.

Kepala KSOP Kelas I Bitung, Yefri Meidison MMarE, menjelaskan bahwa tim pemeriksa kecelakaan kapal dari KSOP Kelas I Bitung telah meminta keterangan langsung dari Nahkoda dan perwira kapal KM Labobar.

Langkah ini diambil untuk mencari tahu penyebab terjadinya senggolan saat kapal bertolak dari pelabuhan tersebut pada minggu lalu.

“Kami sedang menyelidiki terkait kejadian ini, untuk mencari sebab musibah terjadinya senggolan pada saat kapal bertolak dari Pelabuhan Bitung minggu yang lalu dan hasilnya masih menunggu tim pemeriksaan kapal KSOP Kelas 1 Bitung,” terangnya.

Diketahui, insiden tersebut telah menimbulkan kekhawatiran sejumlah kalangan di Pelabuhan Bitung. Untungnya, tidak ada korban jiwa dalam insiden itu.

Pihak KSOP Kelas 1 Bitung memastikan bahwa hasil penyelidikan ini akan digunakan untuk mencegah insiden serupa di masa depan.(*)