Aksi Memanas di Depan DPR RI, Massa Tolak Pengesahan RUU Pilkada

Demo di depna Gedung DPR RI, Kamis (22/8). Foto: Harnas.id/ Istimewa

Harnas.id, Bogor – Aksi tolak pengesahan RUU Pilkada di depan gedung DPR RI makin memanas, geng. Massa sampai nekat memanjat pagar dan bakar ban bekas.

Pantauan Harnas.id, aksi panjat pagar terjadi sekitar pukul 13.25 WIB. Beberapa demonstran berhasil naik ke atas pagar, lalu kibarin Bendera Merah Putih dan bendera organisasi lain.

Massa yang lain meriah dengan nyanyi-nyanyi dan teriak yel-yel. Ada juga yang mencoba rusak pagar dari bawah. Aksi bakar ban makin seru, dengan massa berkeliling di sekitar ban yang terbakar.

Area depan pagar penuh dengan banner dan poster yang mengekspresikan kemarahan dan protes atas rencana DPR RI mengesahkan Revisi UU Pilkada.

Sementara itu, Rapat Paripurna DPR RI batal mengesahkan RUU Pilkada hari ini, Kamis (22/8), karena kuorum tidak terpenuhi. Hanya 89 anggota yang hadir dari jumlah total.

Pembatalan ini terjadi di tengah gelombang protes besar di berbagai kota. Polisi berjaga-jaga di depan Kompleks Parlemen Jakarta. Demo ini bagian dari gerakan ‘peringatan darurat Indonesia’ yang viral setelah DPR mengabaikan putusan MK.

Editor: IJS