Optimisme Sapta Bela Alfaraby Maju Sebagai Dewan Pengawas Perumda Pasar Pakuan Jaya, Didukung Koperasi Pasar

Sapta Bela Al Farabi (Foto : Istimewa)

Harnas.id, Bogor – Bursa pendaftaran Dewan Pengawas (Dewas) Perumda Pasar Pakuan Jaya (PPJ), sudah dibuka sejak tanggal 2 hingga 8 Oktober 2024. Sampai saat ini sudah ada yang mendaftarkan diri untuk maju sebagai Dewas Perumda PPJ Kota Bogor.

Salah satunya Sapta Bela Alfaraby Ketua DPD KNPI Kota Bogor, yang sebentar lagi habis masa bakti, kini mencalonkan diri untuk maju dan optimis dengan banyaknya dukungan, termasuk dari Koperasi Pasar (KOPPAS) Kebon Kembang.

“Secara basicly saya pernah menjadi pedagang juga, sejak 2003 hingga 2012 berjualan di jambu dua. Maka itu saya berniat untuk membesarkan PD Pasaribu Pakuan Jaya ini,” kata Sapta Bela Alfaraby, Ketua KNPI Kota Bogor yang mencalonkan diri untuk maju sebagai Dewas Perumda PPJ, Selasa (08/10/24).

Sapta juga menyebut harapannya, terhadap Perumda PPJ dengan direksi yang baru saja diangkat.

“Karena kita juga sekarang ada di point O dengan mengadopsi kebijakan lama, maka saya akan memberikan warna tersendiri untuk memajukan Perumda PPJ kedepannya. Dengan bergaya pasar modern yang akan membantu para pedagang untuk berjualan di pasar,” imbuhnya.

Padahal, belum lama Perumda PPJ pernah menjadi sorotan tentang laba keuntungan oleh DPRD Kota Bogor.

“Kalau menurut saya sistem manajemen yang harus di perbarui lagi, dan menjadi tantangan bagi saya untuk merubah sistem yang sudah ada itu,” ucapnya.

Sementara, Ketua KOPPAS Kebon Kembang mengatakan, bahwa sebagai Dewas harus dapat mengakomodir aspirasi para pedagang. Jangan hanya mengawasi Perumda PPJ saja, tetapi harus dapat menyerap aspirasi para pedagang juga.

“Kita yakin Sapta Bela memiliki regulasi tersendiri masalah pasar, apalagi kita bukan kenal baru. Bisa dibilang saya tahu dia dari jaman bapaknya dahulu, dan kemarin sempat bilang mau mencalonkan menjadi Dewas di Perumda PPJ Kota Bogor,” ujar Suherman, Ketua KOPPAS Kebon Kembang saat dikonfirmasi terkait pencalonan Sapta Bela yang maju untuk menjadi Dewas Perumda PPJ.

“Saya sempat ngobrol dengan Bela, dan waktu ditanya sudah siap atau belum, jawabannya siap. Lalu saya bilang bahwa bilamana terpilih sebagai Dewas, jangan hanya mengawasi PD Pasar saja, tapi harus dapat mengakomodir aspirasi para pedagang,” tambahnya.

Herman juga menerangkan, sebagai Dewas harus dapat memberikan suasana yang memuaskan bagi kedua belah pihak. Kepada Perumda PPJ dan juga dapat menampung aspirasi para pedagang.

“Karena disisi dinilai yang sangat membutuhkan adalah konsumen, dan yang berhubungan dengan konsumen kan para pedagang langsung bukan PD Pasar lagi. Karena selama ini hanya mengawasi PD Pasar saja, tanpa menyerap aspirasi para pedagang,” tuturnya.

“Maka saya berharap, andai Sapta Bela terpilih sebagai Dewas Perumda PPJ nanti, dapat mengakomodir juga aspirasi para pedagang. Karena hal itu belum terjadi selama Dewas-Dewas sebelumnya, saya juga telah menyampaikan pesan tersebut kepada Sapta Bela, agar dapat dilakukan saat terpilih sebagai Dewas Perumda PPJ,” pungkasnya.

Laporan : Purnomo