Pelindo Bantu Pemerintah Bangun Ekosistem Logistik Nasional

Foto : Istimewa

Harnas.id, Jakarta – Direktur Utama Pelindo, Arif Suhartono, menegaskan kembali bahwa Pelindo mengambil peranan penting dalam mendukung pemerintah untuk membangun ekosistem logistik nasional. Salah satunya dengan perbaikan layanan dalam mengatasi arus barang di pelabuhan.

Pelindo turut membantu pemerintah Indonesia dalam membangun ekosistem logistik nasional, salah satunya dengan jurus tangguh mengatasi arus barang di pelabuhan dalam bentuk memperpendek port stay dan cargo stay. Pelindo akan mendorong pelabuhan untuk menjadi transshipment antara Indonesia ke global

“Pada saat kita bicara logistik adalah bicara volume, bicara scale, bagaimana pemerintah, industri, dan masyarakat berjuang meningkatkan aktivitas ekonomi. Jika lebih banyak aktivitas tentunya akan lebih banyak traffic, yang pada akhirnya secara berlanjutan pasti akan berpengaruh pada pengurangan biaya logistik,” ujar Arif di depan para pengusaha saat menjadi pembicara dalam gelaran BNI Investor Daily Summit 2024 di Jakarta Convention Center (JCC) Senayan, Rabu, 9 Oktober 2024.

Arif lalu menjabarkan, bentuk dukungan Pelindo pada pemerintah terhadap kelancaran jalur logistik juga tidak main-main, selama 10 tahun terakhir, Pelindo secara aktif mendukung pembangunan infrastruktur di penjuru tanah air.

“Dengan memperpendek port stay dan cargo stay Pelindo menegaskan akan memperlancar jalur logistik yang berujung pada efisiensi waktu dan biaya yang bisa ditekan. Ujungnya, pembangunan infrastruktur akan lebih efektif dan dapat segera dinikmati oleh seluruh lapisan masyarakat,” pungkasnya.

Editor : Edwin S