
Harnas.id, JAKARTA – Setelah merger menjadi bagian dari PT XLSMART Telecom Sejahtera Tbk (XLSMART), SMARTFREN semakin mempertegas langkah strategisnya dalam memperluas cakupan jaringan dan menghadirkan berbagai produk unggulan, termasuk layanan UNLIMITED. Layanan ini sejalan dengan komitmen perusahaan untuk menghadirkan konektivitas yang lebih luas, stabil, dan terjangkau di seluruh Indonesia.
Dalam acara siaran pers yang diadakan pada Kamis, 16 September 2025, Sukaca Purwokardjono, Chief Marketing Officer SMARTFREN XLSMART, mengatakan, “SMARTFREN hadir untuk menjawab kebutuhan pelanggan dengan layanan worry-free yang terjangkau. Kami menargetkan pertumbuhan pelanggan baru setelah merger, sekaligus memastikan setiap pelanggan merasakan konektivitas yang lebih baik dan stabil di lebih banyak kota di Indonesia.”
Kini, SMARTFREN telah hadir di area-area yang sebelumnya tidak terjangkau, seperti Bengkulu, Gorontalo, Kalimantan Tengah, Sulawesi Tengah, Sulawesi Barat, Sulawesi Tenggara, Sumbawa, hingga Nusa Tenggara Timur. Integrasi infrastruktur XL dan SMARTFREN membawa konektivitas yang lebih luas, memberikan pilihan baru bagi jutaan masyarakat di Indonesia.
Sukaca menambahkan bahwa dalam memperluas cakupan wilayah, SMARTFREN menghadirkan produk unggulan UNLIMITED, yang memungkinkan pelanggan menikmati layanan internet tanpa khawatir kuota habis. Produk ini menjadi pilihan favorit pelanggan, dengan tema Worry-Free yang memungkinkan pengalaman berselancar tanpa batas.
Selain itu, SMARTFREN juga menawarkan paket Nonstop dan berbagai pilihan paket Kuota, serta memberikan bonus gratis nelpon ke semua nomor SMARTFREN, XL, dan AXIS bagi pelanggan yang memilih paket layanan aktif.
Untuk meningkatkan kepuasan pelanggan, SMARTFREN memperkenalkan pengalaman baru melalui SARAH, chatbot berbasis AI yang siap membantu pelanggan 24 jam. Aplikasi mySF juga terus dikembangkan dengan fitur pembayaran instan, konten digital, poin reward, dan promosi eksklusif, memudahkan pelanggan untuk mengakses layanan SMARTFREN dengan lebih nyaman dan efisien.
SMARTFREN juga berfokus pada loyalitas pelanggan dengan menghadirkan program-program menarik seperti SMARTFREN Fun Run yang akan digelar di 35 kota hingga akhir 2025. Program ini bertujuan untuk mempererat hubungan emosional dengan pelanggan. Selain itu, konser Malam 100 Cinta yang menampilkan karya seni budaya anak bangsa juga menjadi sarana bagi SMARTFREN untuk lebih dekat dengan pelanggan.
Secara keseluruhan, XLSMART kini melayani lebih dari 82,6 juta pelanggan di seluruh Indonesia. Di akhir kuartal kedua 2025, jumlah BTS XLSMART telah mencapai lebih dari 209 ribu unit, meningkat 28% dibandingkan periode yang sama tahun sebelumnya. Peningkatan kualitas jaringan dan pengalaman pelanggan ini menjadi fondasi utama bagi layanan yang merata, berkualitas, dan berdaya saing tinggi.
Editor: IJS



