Ilustrasi pelaku UMKM Indonesia | IST

HARNAS.ID – Pelaku Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) diminta mulai mengincar pasar ekspor, tanpa melupakan pasar dalam negeri yang memiliki peluang sangat besar. Menurut Presiden Joko Widodo (Jokowi) produk-produk UMKM nasional sudah memiliki kemasan yang baik. Begitu pun produk  lokal sudah menuju pada kualitas yang lebih baik. 

“Ini perlu diteruskan agar level UMKM meningkat ke level lebih tinggi, sehingga produk-produknya mudah masuk ke pasar ekspor,” kata Presiden Jokowi dalam acara Pemberian Nomor Induk Berusaha (NIB) Pelaku UMK Perseorangan 2022 di Jakarta, Rabu (13/7/2022). 

Presiden juga mengimbau palaku UMKM berhati-hati karena sekarang batas antar-negara itu sudah tidak ada. Artinya, ekspor ke semua negara sangat mudah. Jokowi juga mendorong para pelaku UMKM memanfaatkan Kredit Usaha Rakyat (KUR) di bank dengan bunga tiga persen, mengingat yang masih belum tersalurkan Rp 185 triliun.

“Karena itu berasal dari dana PEN (Pemulihan Ekonomi Nasional),” tutur Presiden Jokowi. Presiden juga turut mengajak pelaku UMKM segera mengurus NIB untuk memudahkan dalam mengambil kredit perbankan, serta menerima bantuan pemerintah.

Editor: Firli Yasya