HARNAS.ID – Pascadua tahun berada dalam masa pandemi, tak membuat PT Wahana Ottomitra Multiartha TBK (WOM Finance) berhenti berinovasi. Meningkatkan pelayanan serta memaksimalkan potensi bisnis yang ada, menjadi motivasi untuk menarik perhatian konsumen.

Di tengah tekanan finansial dunia akibat pandemi Covid-19, justru WOM Finance melakukan manuver dengan merelokasi kantor cabangnya yang berada di wilayah Depok. Kini keberadaan Kantor WOM Finance Cabang Depok berada di kawasan strategi yang semakin mendekat pada pusat kota.

Tentu relokasi ini dilakukan bukan tanpa strategi dan perhitungan. Business Unit Head WOM Finance Regional Jakarta Bogor Depok Bekasi (Jabodebek), Gilbert. S Siahaan mengatakan, dengan relokasi Kantor Cabang Depok ini diharapkan dapat memperkuat layanan WOM Finance dan sinergi dengan masyarakat untuk transaksi pembiayaan di wilayah Depok dan sekitarnya.

“Relokasi Kantor Cabang  Depok ini merupakan bentuk peningkatan layanan WOM Fiannce kepada masyarakat, sebagai bagian dari strategi pengembangan jaringan secara nasional. Hal ini salah satu wujud kontribusi positif WOM Finance dalam pertumbuhan ekonomi serta pengembangan ekosistem pembiayaan di wilayah Depok dan sekitarnya,” ujar Gilber di tengah peresmian Kantor WOM Finance Cabang Depok yang baru, Senin (11/07/2022).

Lebih lanjut Gilbert mengatakan, relokasi kantor cabang ini juga upaya WOM Finance untuk meningkatkan struktur jaringan dan akses dengan mencari lokasi strategis yang tepat bagi para konsumen.

“Berbagai pelayanan terus di kembangkan WOM Finance untuk melayani dan mempermudah konsumen dalam mengakses layanan pembiayaan seperti pengajuan pembiayaan hingga pembayaran angsuran. Tentunya semuanya dapat dilayani di WOM Finance Kantor Cabang Depok,” jelasnya.

Pada 2005, WOM Finance menjadi bagian dari kelompok usaha PT Bank Maybank Indonesia Tbk (MBI) setelah mengakuisisi 43% kepemilikan saham Perseroan. Pada 2015, Perseroan melakukan right issue melalui Penawaran Umum Terbatas, di mana MBI bertindak sebagai standby buyer.

Dalam right issue ini, WOM Finance menerbitkan 3.481.481.480 saham baru. Kini, kepemilikan saham MBI di Perseroan sebesar 67,49%. Pemegang saham terbesar kedua adalah PT Wahana Makmur Sejati dengan jumlah kepemilikan saham sebesar 25,01% dan publik sebesar 7,50%.

Di tahun 2021, WOM Finance telah melakukan kerja sama dengan beragam platform aplikasi digital untuk mempermudah konsumen dalam melakukan transaksi pembayaran. Selain itu, penggunaan QRIS (Quick Response Code Indonesian Standard) untuk pembayaran konsumen merupakan upaya WOM Finance dalam memberikan layanan berkualitas yang didukung oleh MBI. WOM Finance juga terus meningkatkan permodalan baik melalui penerbitan obligasi maupun pinjaman dari bank. Pada tahun 2021, Perseroan menerbitkan Penawaran Umum Berkelanjutan IV Tahap I Obligasi WOM Finance Tahun 2021 senilai Rp 500 miliar dan mendapatkan pinjaman bank senilai Rp 1,75 triliun.

Editor: Sidharta Aria Agung