HARNAS.ID – PT Pos Indonesia (Persero) sebagai mitra Kementerian Sosial (Kemensos) terus andil mendistribusikan bantuan sosial tunai (BST) kepada masyarakat terdampak pandemi di seluruh wilayah Indonesia. Hingga kini, penyaluran BST COVID-19, total sudah mencapai 11 tahapan.
Ketua Tim Pelaksana Penyaluran BST PT Pos Indonesia (Persero) Haris menyebut bantuan sudah diberikan kepada 94,6 juta keluarga penerima manfaat (KPM) sejak BST tahap pertama digulirkan. Adapun total BST yang sudah diberikan senilai Rp 34,7 tiliun.
“Persentasi penyaluran BST secara keseluruhan mencapai 99 persen,” kata Haris, Senin (8/3/2021).
Menyangkut proses distribusi dan penyesuaian data penerima terbaru, Pos Indonesia selalu berkoordinasi dengan Kemensos jika terjadi perubahan data penerima. Pada tahap 3 tahun 2021 penyaluran BST, tetap melakukan penyesuaian data yang yang dimiliki kemensos.
“Distribusi BST juga harus mengikuti pedoman teknis yang dikeluarkan oleh Dirjen Penanganan Fakir Miskin Kemensos agar penyaluran berjalan sesuai yang diharapkan,” ujarnya.
Pos Indonesia terus mendukung dan bekerja sama membantu program pemerintah dalam percepatan pemulihan ekonomi nasional. Haris mengakui terdapat kesulitan dan kompleksitas dari penyaluran bantuan di seluruh wilayah di Indonesia.
“Namun, Pos Indonesia berusaha optimal dengan efektifitas manajemen distribusi BST di lapangan,” tutur Haris.
Editor: Ridwan Maulana