Kebakaran Hebat di Jalan R3 Bogor: Empat Bangunan Ludes, Kerugian Capai Ratusan Juta

Harnas.id, Bogor – Kebakaran hebat melanda deretan ruko dan rumah tinggal di Jalan R3, Kota Bogor, Jawa Barat, pada Jumat (4/10/2024) pagi.

Empat bangunan habis dilalap api, mengakibatkan kerugian yang diperkirakan mencapai ratusan juta rupiah.

Penyebab pasti kebakaran belum diketahui, namun diduga api pertama kali muncul dari tumpukan limbah kardus yang kemudian menjalar ke toko barang bekas di sampingnya.

Kobaran api cepat membesar dan merembet ke deretan ruko dan rumah tinggal yang berada di Jalan R3, RT 01/RW 05, Kelurahan Katulampa, Kecamatan Bogor Timur, Kota Bogor. Bahan bangunan yang mudah terbakar memperparah penyebaran api ke bangunan-bangunan lain di sekitarnya.

Empat bangunan yang hangus tersebut dimiliki oleh Yatim, Enday, Wardi, dan Amsol.

Menurut saksi mata di lokasi, Mad Suro (49), awalnya ia sedang makan di warung ketika anaknya memberitahu adanya kepulan asap di belakang rumah. Mad Suro segera memeriksa dapur, tetapi tidak menemukan tanda-tanda kebakaran. Ketika kembali ke bagian belakang, ia mendapati tumpukan kardus sudah terbakar.

“Saat kembali, api sudah mulai membesar dan merembet ke bagian lain. Materialnya memang mudah terbakar,” ujarnya.

Api dari bangunan penampungan limbah tersebut kemudian merambat ke toko barang bekas yang menjual berbagai peralatan kantor dan minimarket di sebelahnya.

Sebanyak tujuh unit mobil pemadam kebakaran dari Kota Bogor dikerahkan ke lokasi untuk menjinakkan si jago merah.

Sementara itu, Lurah Katulampa, Irwansyah, menyampaikan bahwa saat ini pihaknya sedang mendata total kerugian yang dialami oleh pemilik keempat bangunan tersebut.

“Kebakaran ini menghanguskan empat bangunan. Kerugian diperkirakan lebih dari ratusan juta rupiah,” kata Irwansyah.

Selain menimbulkan kerugian material, kebakaran ini juga menyebabkan kemacetan panjang di Jalan R3, karena satu ruas jalan terpaksa ditutup untuk keperluan evakuasi, sehingga lalu lintas dua arah harus dialihkan ke satu jalur yang ada.