Pelabuhan Gesing Senilai Rp152 Miliar di Yogyakarta Resmi Beroperasi

Foto : RRI

Harnas.id, Yogyakarta – Pelabuhan Perikanan Pantai (PPP) Gesing, Girikarto, Panggang senilai Rp152,5 miliar telah diresmikan pada Selasa (22/10/2024).

Peresmian dilakukan oleh Wakil Gubernur Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) Kanjeng Gusti Pangeran Adipati Arya Paku Alam bersumber dari dana keistimewaan.

Gubernur DIY Sri Sultan Hemengku Buwono X, yang disampaikan KGPAA Paku Alam menuturkan, peresmian PPP Gesing ini mewujudkan visi semangat Jogja menghadap ke selatan.

“Dengan menjadikan wilayah pesisir sebagai halaman yang produktif dan pilar kesejahteraan masyarakat,” ujar KGPAA Paku Alam dalam sambutannya.

PPP Gesing sendiri diproyeksikan untuk menjadi Tourism Fishing Port atau pelabuhan perikanan berbasis pariwisata.

“Saya optimistis bahwa industri perikanan akan berkembang seiring pertumbuhan pariwisata pantai terintegrasi di Kabupaten Gunungkidul,” ujarnya.

Sementara Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan DIY Bayu Mukti Sasongko mengungkapkan, meskipun telah diresmikan, pihaknya mengakui pembangunan pelabuhan Gesing belum sepenuhnya sempurna.

“Di antaranya bagian tepi terdapat batu-batuan yang berbahaya bagi kapal nelayan dan juga gelombang besar, nantinya kami akan membuat peredam melalui kajian para ahli,” kata Bayu.

Dalam pembangunannya, PPP Gesing memadukan antara pelabuhan perikanan dan pariwisata Pantai Gesing.

Dua hal yang dipadukan tersebut, sebagai upaya mendukung sektor wisata Pantai Selatan DIY.

 

Editor : Edwin S