BERITA UTAMA Sepeda Elektrik BEAM Rover, Solusi Kurangi Kemacetan dan Kurangi Emisi Gas Co2

Sepeda Elektrik BEAM Rover, Solusi Kurangi Kemacetan dan Kurangi Emisi Gas Co2

JAKARTA, Harnas.id – Moda transportasi ramah lingkungan dengan menggunakan baterai berisi tenaga listrik sekarang ini sedang digalakan pemerintah. Bahkan di kota-kota yang membolitas warganya tinggi, semisal di Kota Bogor, sepeda listrik menjadi solusi untuk menekan tingginya emisi gas karbon Co2 dan No2, sekaligus mengurangi kemacetan di jalan raya.

“BEAM Rover ini memang diciptakan untuk mengatasi permasalahan mobilitas kecil. Sepeda  listrik yang kami buat ini sangat sederhana dan aman untuk digunakan masyarakat, tentunya sebelum menggunakan masyarakat harus mematuhi ketentuan keselamatan,” kata VP, Public Affairs, Beam Mobility Holdings, Isabelle Neo, dalam keterangan tertulisnya, Jum’at (28/10/2022).

Isabelle menjelaskan, selain aman dan ramah lingkungan, sepeda listrik BEAM Rover dilengkapi fitur komunikasi IoT. Alat ini fungsinya untuk mengunggah status setiap armada secara langsung dan menditekasi ketika ada permasalahan di jalan atau jalur khusus sepeda, termasuk ketika baterai perlu diganti.

“Karena diciptkan untuk keamanan, kecepatan sepeda listrik BEAM Rover sudah diatur pengguna tidak bisa memacu sepeda lebih dari 25 kilometer/jam. Selain keamanan dan kenyamanan, sepeda listrik BEAM Rover ini diciptakan untuk mengurangi emisi gas karbon Co2 dan No2 yang berbahaya bagi lingkungan,” jelasnya.

Sementara itu, Country Head, Beam Indonesia, Ady Muzadi mengatakan, masyarakat Kota Bogor yang ingin menggunakan sepeda elektrik BEAM Rover akan dikenakan biaya akses sebesar Rp 1.750. Penggunaan setiap menitnya dikenakan biaya Rp 700.

Masyarakat yang ingin menggunakan sepeda elektrik BEAM Rover, kata Ady Muzaki, tinggal mengikuti enam petunjuk panduan dengan terlebih dahulu mengunduh aplikasi BEAM.

“Pembayarannya non tunai melalui dompet digital, semisal OVO dan Shopee Pay. Sepeda elektrik BEAM Rover bisa diakses setiap hari selama 24 jam. Di setiap armada disediakan baterai cadangan untuk langkah antisipasi saat baterai yang terpasang dayanya habis diperjalanan,” jelasnya.

Di Kota Bogor, kata Ady Muzaki, sejak diluncurkan bersama Gubernu Jawa Barat Ridwan Kamil dan Wali Kota Bima Arya, 23 September lalu, masyarakat kota hujan ini sangat antusias menggunakan sepeda elektrik BEAM Rover.

“Di Kota Bogot ini, armada BEAM Rover yang disebar sebanyak 50 unit yang ditempat di lokasi strategis di jantung Kota Bogor yang sudah ada jalur khusus sepeda.Di luar Bogor, kami juga menjalin kerja sama dengan Pemerintah Kota Semarang, di sana kami menyebar 250 unit tersebar di beberapa lokasi, salah satunya Simpang Lima Semarang dan dapat beroperasi di empat area, diantaranya Jalan Panandaran, Jalan Gajah Mada, Jalan Pemuda dan Jalan Mayjen Sutoyo,” tutupAdy Muzaki.