BERITA TERKINI Persikabo Ditekuk PSM Makassar 0-2

Persikabo Ditekuk PSM Makassar 0-2

BOGOR, Harnas.id – Setelah hampir vakum dua bulan, akhirnya kompetisi Liga 1 kembali dilanjutkan dengan menggunakan sistem bubble. Pada laga pekan ke-12, Persikabo 1973 harus mengakui keunggulan lawan mereka PSM Makassar dengan skor 0-2, pada laga  di Stadion Sultan Agung, Bantul, Senin (5/12/2022) sore. Gol PSM Makassar dicetak oleh Donald Bissa dan Everton di babak kedua.

Dengan kemenangan tersebut Juku Eja julukan PSM Makassar sementara memimpin klasemen Liga 1 dengan 25 poin dari 11 laga dan juga masih bersih dari kekalahan. Everton Nascimento sudah mengancam gawang Persikabo di awal pertandingan. Namun bola masih dapat digagalkan kiper Diky Indrayana. Lagi ancaman dari PSM lewat Yuran Fernandes kembali dapat digagalkan oleh Diky.

PSM masih melancarkan serangannya dan Everton kembali mengancam namun belum tepat sasaran. Sementara serangan balik yang dilakukan oleh Persikabo lewat Yandi Sofyan belum membahayakan gawang PSM.

Tekanan kembali dilakukan oleh skuat besutan Bernardo Tavares. M Arfan mencoba melepaskan sepakan dari jarak jauh namun bola masih melambung diatas gawang lawan di menit ke-20. Lagi peluang PSM masih belum membuahkan hasil setelah sundulan Yuran masih melambung di menit ke-29. Ricky Pratama juga masih gagal memanfaatkan peluangnya.

Peluang emas dimiliki Yance Sayuri di menit ke-33 namun sepakannya di depan gawang masih melenceng dari sasaran. Persikabo mengancam lewat Ryan Kurnia namun belum membuahkan hasil.

Di babak kedua, PSM kembali melanjutkan tekanan. Sebuah peluang yang dilakukan oleh Everton masih gagal dan ancaman Ricky Pratama masih membentur mistar gawang di menit ke-48. Serangan dilakukan oleh Persikabo lewat Gustavo namun bola masih dapat ditepis Reza Pratama. Lagi Gustavo mengancam lewat sundulannya namun masih melenceng dari sasaran.

Pada menit ke-73, peluang Persikabo lewat Ryan Kurnia masih gagal membuahkan hasil setelah bola hasil tendangannya melambung. Sementara sepakan Tomoki Wada masih dapat digagalkan Reza. Akhirnya Donald Bissa yang masuk sebagai pemain pengganti sukses menjebol gawang Persikabo lewat sundulannya setelah menyambut tendangan bebas Arfan di menit ke-78. Skor 1-0 bagi PSM.

Tekanan masih dilanjutkan oleh PSM. Pada menit ke-88, Everton berhasil memperbesar keunggulan PSM menjadi 2-0 lewat tendangan kerasnya dari luar kotak penalti.  Hingga laga berakhir, skor tidak berubah untuk kemenangan Juku Eja dan mampu menduduki posisi pemuncak klasemen sementara.

Usai laga, Pelatih Persikabo, Djajang Nurdjaman mengungkapkan minimnya kedalaman skuad Laskar Pajajaran. Dalam laga itu, Persikabo memang tak diperkuat sejumlah pemain intinya, termasuk dua penjaga pintu pertahanannya, termasuk sang kiper utama.

Lucas Gama absen karena urusan keluarga, sementara Andy Setyo dan Syahrul Trisna (kiper) sedang dipanggil memperkuat Timnas Indonesia di Piala AFF 2022. Di lini serang, Persikabo juga kehilangan Dimas Drajad yang sedang menjalani perawatan usai cedera.

“Kami dalam laga ini banyak kehilangan pemain inti, tiga pemain dipanggil timnas Indonesia, termasuk Dimas yang sudah dipanggil namun tidak bisa tampil. Kemudian ada juga stoper kami tidak bisa main karena ada masalah. Ada Roni (Sugeng) juga yang absen,” beber Djanur seusai pertandingan.

Djanur pun tak menampik bahwa situasi ini berpengaruh terhadap strategi yang ia usung. “Total ada lima pemain yang absen dalam laga ini. dimana lima pemain tersebut selalu menjadi pilihan utama kami. tidak bermainnya mereka tentu berpengaruh terhadap kekuatan tim di pertandingan,” ungkap Djanur.

“Termasuk hilangnya Andy cukup berpengaruh terhadap kokohnya lini pertahanan kami,” sambungnya.

Dengan hasil ini, Persikabo 1973 tetap berkutat di peringkat ke-7 dengan mengemas 19 poin, hasil dari enam kemenangan, satu hasil imbang, dan lima kekalahan. (*)