ASDP Telaha Punggur dan Tanjunguban Berlakukan Tiket Online di Pelabuhan RoRo

Harnas.id, Bintan – Masyarakat yang menggunakan Kapal RoRo di Pelabuhan Telaga Punggur Batam dan Pelabuhan Penyeberangan Tanjunguban, Bintan, sudah diberlakukan tiket online oleh PT Angkutan Sungai dan Penyeberangan (ASDP) Indonesia, sejak Rabu (21/8/2024).

Penanggungjawab ASDP Tanjunguban, Sukma Nugraha mengungkapkan, pemberlakukan e-tiket itu untuk menyesuaikan identitas penumpang, kendaraan atau pun barang bawaan para penumpang.

Terutama kata dia, bagi jasa pengguna Kapal RoRo yang dari wilayah Free Trade Zone (wilayah perdagangan bebas) Kota Batam ke Kabupaten Bintan.

Adapun tata cara pembelian tiket feri online (e-tiket) bagi penumpang yakni, melalui website trip.ferizy.com. Kemudian, login menggunakan alamat email dan password yang telah didaftarkan.

Selanjutnya, mengisi data pelabuhan asal, pelabuhan tujuan, layanan, jenis pengguna jasa, golongan, jadwal masuk pelabuhan, dan jumlah penumpang kendaraan sesuai dengan identitas diri masing-masing sepeti KTP-el, SIM atau paspor.

“Dan isi data nomor plat kendaraan,” katanya.

Lalu, pastikan nominal harga tiket yang akan dibayar sesuai angka di dalam website. Setelah pembayaran, maka e-tiket dapat diunduh sebagai bukti untuk diperlihatkan ke Petugas ASDP nantinya.

Sukma meminta kepada pengguna jasa Kapal RoRo agar membeli e-tiket itu paling lambat sehari sebelum keberangkatan, dan datang ke pelabuhan sesuai jadwal check-in yang tertera pada e-tiket.

“Proses check-in hanya dapat dilakukan di Pelabuhan Tanjunguban, Kabupaten Bintan, atau sebaliknya dari Pelabuhan Telaga Punggur Kota Batam,” tandasnya.

Sumber : Haka

Editor : Edwin S