Kirab Bendera Merah Putih di Puncak Gunung Batu, Semarak HUT RI ke-79 di Kecamatan Sukamakmur

Kirab Bendera
Kirab Bendera di Puncak Gunung Batu, Kecamatan Sukamakmur Rayakan HUT Kemerdekaan RI ke-79. Foto: Harnas.id

Harnas.id, BOGOR – Dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) Kemerdekaan Indonesia yang ke-79, Muspika Kecamatan Sukamakmur menggelar acara Kirab Bendera Pusaka Merah Putih di Puncak Gunung Batu, Sukamakmur, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, pada Rabu (14/08/2024).

Camat Sukamakmur, Bakri Hasan, menjelaskan bahwa kirab bendera ini merupakan simbol kebanggaan dan nasionalisme warga Sukamakmur, serta menjadikan Gunung Batu sebagai ikon kebanggaan kecamatan.

“Gunung Batu adalah ikon Kecamatan Sukamakmur. Kegiatan ini merupakan wujud rasa nasionalisme kami sebagai warga negara Indonesia dalam menyambut HUT Kemerdekaan Indonesia yang ke-79,” ujar Bakri Hasan.

Acara kirab ini digagas oleh Danramil dan Kapolsek Sukamakmur. Dalam kirab tersebut, bendera Merah Putih sepanjang 100 meter dan lebar 2 meter dikibarkan di puncak Gunung Batu, dengan melibatkan 150 peserta.

“Karena puncak Gunung Batu cukup sempit, peserta naik secara bergantian,” tambah Bakri Hasan.

Bakri Hasan juga menjelaskan bahwa proses pengibaran bendera di puncak Gunung Batu berlangsung selama satu jam, terdiri dari 30 menit pendakian dan 30 menit pengibaran.

“Kami berharap, kirab Bendera Merah Putih ini bisa menjadi ikon dan promosi wilayah Kecamatan Sukamakmur,” pungkasnya.

Diketahui, kirab bendera ini diikuti oleh 150 peserta yang terdiri dari anggota Muspika dan masyarakat Kecamatan Sukamakmur.

Laporan: Chaerudin

Editror: IJS